Jenis Fauna Asiatis, Peralihan dan Fauna Tipe Australia
Jenis Fauna Asiatis, Peralihan dan Fauna Tipe Australia

Jenis Fauna Asiatis, Peralihan dan Fauna Tipe Australia

Ketiga jenis fauna yang berbeda tersebut dinamakan fauna asiatis, peralihan dan fauna tipe australis

Jenis Fauna Asiatis, Peralihan dan Fauna Tipe Australia
Jenis Fauna Asiatis, peralihan dan jenis fauna australia
Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai kekayaan akan flora dan faunanya. Terdapat jenis hewan yang hidup dalam periode tertentu. Indonesia sendiri memiliki 3 jenis persebaran fauna yang berbeda karena dibatasi oleh garis Wallace dan Webber. Ketiga jenis fauna yang berbeda tersebut dinamakan fauna asiatis, peralihan dan fauna tipe australis.

Jenis Fauna Asiatis, Peralihan dan Fauna Tipe Australia

Berikut jenis atau tipe fauna yang dibagi menjadi tiga (3) jenis fauna adalah :

1. Jenis Fauna Asiatis

Fauna asiatis sendiri hidup di bagian barat Indonesia, Selat Makasar dan Selat Lombok. Terdapat beberapa pulau yang memiliki jenis fauna asiatis seperti :

  • Pulau Sumatera sebagai dataran rendah yang memiliki hutan hujan di huni oleh jenis fauna asiatis seperti Gajah (Elephas Maximus), Harimau Sumatera, Beruang Madu, Siamang, Badak Sumatera, Orang Utan dan Badak Jawa.
  • Pulau Jawa memiliki fauna asiatis seperti Banteng, Harimau Jawa (Punah), Macan Tutul, Merak, Elang Jawa, Siamang dan Kerbau Liar. Kerbau Liar juga terdapat didaerah Minangkabau.
  • Pulau Kalimantan dihuni jenis fauna asiatis seperti Beruang Madu , Banteng, Orang Utan, Bekantan, Siamang
  • Pulau Bali (Laut Bali) dihuni oleh tipe fauna asiatis seperti Curik Bali
"Satu-satunya kegagalan didunia ini adalah ketika kita berhenti untuk belajar"

2. Jenis Fauna Peralihan

Jenis fauna peralihan sendiri sebagian besar menghuni wilayah kepulauan Sulawesi, Nusa Tenggara dan Pulau Kecil pada perairan laut dalam. Adapun jenis fauna peralihan yang menempati daeah tersebut antara lain :
  • Anoa, Kerbau Kerdil, Babi Rusa, Krabuku, Burung Rangkong, Burung Maleo dan Komodo

3. Jenis Fauna Australia

Jenis Fauna Australia menempati wilayah Indonesia bagian Timur seperti Kepulauan di Papua dan Maluku. Pada umumnya, jenis fauna tipe Australia berukuran tidak terlalu besar. Ciri jenis fauna australia yang paling khas hidup di kawasan seperti mamalia berkantong yang sebagian sudah mulai punah. Beberapa jenis fauna Australia yang menempati pedalaman pulau papua antara lain :
  • Kanguru Pohon. kanguru pohon wakera, kanguru pohon mbasio, kanguru pohon nemena, kanguru pohon ndomea, kanguru pohon hias, Kuskus merupakan keluarga possum yaitu hewan berkantong khas Australia dan terdapat di Papua. Burung Cendrawasih yang dominan terdapat di Papua dan beberapa di Maluku, Kasuari dan Landak Papua
Itulah jenis-jenis makhluk hidup yang masuk dalam 3 kategori sebagai jenis fauna asiatis, fauna peralihan dan fauna australia.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.