Apa Itu Garis Wallace dan Weber ? Ini Penjelasannya
Apa Itu Garis Wallace dan Weber ? Ini Penjelasannya

Apa Itu Garis Wallace dan Weber ? Ini Penjelasannya

Pengertian garis wallace dan garis weber adalah garis hayal yang membatasi jenis flora dan fauna yang terdapat di bagian barat Indonesia dan pada bagian tengah negara Indonesia

Apa Itu Garis Wallace dan Weber ? Ini Penjelasannya
Batas Wilayah Garis Wallace dan Weber
Apa Itu Garis Wallace dan Weber ? Pengertian garis wallace dan garis weber adalah garis hayal yang membatasi jenis flora dan fauna yang terdapat di bagian barat Indonesia dan pada bagian tengah negara Indonesia. Maka dengan adanya garis Wallace dan Weber ini adalah bahwa jenis flora dan fauna pada salah satu pulau berbeda dengan jenis hewan dan tumbuhan pada pulau lainnya. 

Penjelasan Garis Wallace

Menurut sejarah Garis Wallace dibuat atau ditemukan oleh seorang ilmuwan dari bidang Zoologi yang bernama Mr. Alfred Russel Wallace berkebangsaan Inggris dan untuk mengharga penelitiannya tersebut maka disebutlah Garis Wallace. Ketika Mr. Alfred Russel Wallace melakukan penelitian terdapat perbedaan dimana terdapat dua buah pulau yang saling berdekatan yaitu Pulau Lombok dan Pulau Bali namun memiliki perbedaan dimana pada hewan-hewan yang ada di pulau Bali berbeda dengan Hewan yang ada di Pulau Lombok.

Maka dengan ditemukan perbedaan tersebut setelah dilakukan penelitian bahwa secara Geografis Garis Wallace ini terletak antara Teluk Lombok sampai Teluk Makasar. Maka di ambil kesimpulan penyebaran hewan jenis Asiatis pada bagian barat berada pada wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. 

Penjelasan Garis Weber

Lain halnya dengan garis Weber yang dibuat oleh seorang ilmuwan Zoologi juga yang bernama Max Wilhem Carl Weber yang kemudian diberi nama Garis Weber untuk menghargai penelitiannya. Garis Weber sendiri dibuat setelah peneliti tersebut menemukan pada wilayah bagian tengah Indonesia terdapat pulau yang berdekatan namun mempunyai jenis hewan yang berbeda yaitu pulau Maluku, Sulawesi dan Papua. Hewan yang berasal dari garis Webber ini dinamakan hewan peralihan dimana ciri hewan tersebut berbeda dengan hewan jenis Asiatis ataupun Jenis Australis.


Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah bahwa Jenis Flora dan Fauna di Indonesia di bagi dua oleh seorang peneliti yang membuat garis Wallace yaitu bagian sebelah barat dan bagian timur, sedangkan pada bagian tengah di sebut garis weber dimana terdapat jenis hewan peralihan dalam pengertian hewan yang dapat berpindah dari suatu negara ke negara lain seperti ke Benua Australis.

Demikian penjelasan singkat tentang garis wallace dan weber yang terdapat di negara Indonesia. Semoga bermanfaat.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.