Ciri Khas dan Contoh Tumbuhan Dikotil
Ciri Khas dan Contoh Tumbuhan Dikotil

Ciri Khas dan Contoh Tumbuhan Dikotil

Setiap tumbuh-tumbuhan tentunya memiliki ciri yang berbeda contoh nya saja seperti tumbuhan jenis Dikotil. Pengertian Dikotil adalah tumbuhan yang berasal dari biji berkeping dua

Ciri Khas dan Contoh Tumbuhan Dikotil
Biji Berkeping Dua, Daun Lembaga Sepasang (image by quora)
Setiap tumbuh-tumbuhan tentunya memiliki ciri yang berbeda contoh nya saja seperti tumbuhan jenis Dikotil. Pengertian Dikotil adalah tumbuhan yang berasal dari biji dan berkeping dua ketika dalam proses perkecambahan. Tumbuhan Dikotil mempunyai sifat Monofiletik. Pengertian Monofiletik adalah suatu kelompok jenis tumbuhan taksonomi yang memiliki keterkaitan dengan tumbuhan yang berasal dari biji berkeping dua. Ibarat kata satu leluhur dan satu nenek moyang lah hehe.

Ciri dan Contoh Tumbuhan Dikotil

Perbedaan tumbuhan jenis dikotil dengan tumbuhan lainnya adalah tumbuhan dikotil cenderung memiliki pertumbuhan lebih stabil diluar kelompok tumbuhan lainnya. Tumbuhan Dikotil memiliki biji berkeping dua ketika mengalami proses pertumbuhan/perkecambahan. Berikut adalah ciri dan contoh tumbuhan jenis Dikotil (biji berkeping dua) :

1. Biji Berkeping Dua ketika tumbuh
2. Memiliki sepasang daun lembaga (kotiledon)
3. Berakar Tunggang

contoh tumbuhan dikotil
Contoh Akar Tunggang Dikotil 

4. Pada daun memiliki tulang seperti menyirip

ciri tumbuhan dikotil
Daun Mangga jenis Dikotil 

5. Tumbuhan Dikotil tidak mempunyai tudung akar
6. Memiliki batang yang berkambiun

jenis tumbuhan dikotil
Kambium hanya dimiliki oleh kelompok dikotil (source by wonderwhikids)

7. Batang tumbuhan memiliki cabang
8. Akar dan Batang tumbuh membesar.
9. Pada bagian bunga memiliki kelipatan 2, 4 dan 5.

contoh bunga dikotil
Contoh Bunga Dikotil by Botany Reading

10. Tidak memiliki koleoptil
11. Memiliki pembuluh Xylem dan Floem

Mengapa di sebut tumbuhan Dikotil ?


Mengapa di sebut tumbuhan Dikotil ? seperti penjelasan diatas bahwa tumbuhan Dikotil berasal dari biji yang akan berkeping dua ketika proses pertumbuhan. Contoh tumbuhan jenis Dikotil banyak disekitar lingkungan kita seperti Jambu Air, Rambutan, Mangga, Meninjo dan Kacang-kacangan.

Selain itu tumbuhan Dikotil mempunyai akar tunggang dimana merupakan jenis akar yang sangat kuat, mempunyai ukuran besar, dan dapat mengatasi angin kencang agar tidak mudah roboh walaupun tidak memiliki tudung akar. Pada daun seperti pohon mangga dapat Anda lihat bagaimana pada bagian daung terdapat tulang yang seperti kerangka mirip ikan. Ketika tumbuh menjadi besar tumbuhan jenis Dikotil akan memiliki lebih banyak cabang dibandingkan dengan tumbuhan lainnya.

Pada batang tumbuhan jenis dikotil memiliki lapisan sel/jaringan yang disebut kambium dimana lapisan sel tersebut terdapat diantara pembuluh angkut yang dinamakan Xylem dan Floem. Kambium sendiri terdapat 2 jenis yaitu kambium vaskular/pembuluh dan kambium gabus. Namun tumbuhan dikotil tidak mempunyai apa yang dinamakan kolepotil adalah sejenis selaput yang melindungi daun sampai bakal batang yang hanya terdapat dalam tumbuhan kelompok monokotil. 

Proses pertumbuhan Kambium yang kearah bagian luar akan membentuk kulit batang sedangkan yang kearah dalam akan membentuk kayu. Ciri khas dari tumbuhan dikotil lainnya adalah mereka memiliki kambium (zat kayu) yang tidak dimiliki kelompok tumbuhan lainnya. Selain itu ketika proses fotosintesis berlangsung pembuluh xylem dan floem yang terdapat dalam tumbuhan dikotil memiliki fungsi untuk membawa nutrisi dan unsur hara ke seluruh bagian tanaman agar tumbuh secara stabil. 
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.