Daftar Nama Gunung Tertinggi di Indonesia Lengkap
Daftar Nama Gunung Tertinggi di Indonesia Lengkap

Daftar Nama Gunung Tertinggi di Indonesia Lengkap

Berikut adalah daftar nama gunung-gunung yang tertinggi di negara Indonesia. Selain kaya akan keanekaragaman hayati juga

Daftar Nama Gunung Tertinggi di Indonesia Lengkap
Puncak Cartensz/Jayawijaya (source republik online)
Berikut adalah daftar nama gunung-gunung yang tertinggi di negara Indonesia. Selain kaya akan keanekaragaman hayati juga Indonesia termasuk negara yang mempunyai gunung terbanyak di Dunia. Gunung tersebut tersebar banyak di wilayah provinsi Indonesia seperti Jawa Barat dengan gunung Gede nya dan Sumatera. Namun di antara banyak gunung Indonesia mempunyai Gunung yang tertinggi, apa sajakah nama gunung tersebut ?

Banyak gunung yang memiliki ketinggian karena secara geografis letak Indonesia dilewati oleh pertemuan antara lempeng Eurasia dan Indo Australia. Selain itu terdapat jalur pegunungan utama dunia yang melewati Indonesia seperti sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Mulai dari Pulau Maluku, Sulawesi sampai Pulau Papua dilewati Sirkum Pasifik sedangkan Sirkum Mediterania melewati Pulau Nusa Tenggara, Jawa dan Sumatera.

Nama Gunung Tertinggi di Indonesia

Seperti kita ketahui terdapat + 400 gunung berapi yang tersebar di wilayah Indonesia dan menurut data terdapat kurang lebih 130 gunung berapi yang berstatus aktif dan bisa meletus kapan saja. Dibawah ini adalah daftar nama Gunung Tertinggi di Indonesia :

1) Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid 

  • Lokasi Pulau Papua
  • Ketinggian 4.884 mdpl
Nama Cartenz berasal dari sebuah ekpedisi dari Belanda pada tahun 1936. Pada tahun 1936 sempat diberi nama Puncak Soekarno dan setelah itu dan sampai sekarang mempunyai Puncak Jaya dan menjadi Gunung Tertinggi pada urutan Pertama. 

2) Puncak Mandala 

  • Lokasi : Pulau Papua
  • Ketinggian Puncak Mandala 4.760 mdpl
Puncak Mandala berada di area pegunungan Jayawijaya dan sering diselimuti salju.

 3) Puncak Trikora atau Ettiakup 

  • Lokasi : Papua Barat
  • Ketinggian Puncak Trikora 4.751 mdpl
Sebelumnya Puncak Trikora mempunyai nama Puncak Wihelmina. Suhu di area Puncak Trikora mencapai 3 derajat celcius dan pernah di taklukan oleh Tim Ekpedisi Sumpah Pemuda dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tahun 2016.

 4) Puncak Idenberg ( Ngga Pilimsit / Merah Putih )

  • Lokasi : Pulau Papua
  • Ketinggian Puncak Idenberg mencapai 4.626 mdpl
Walaupun Puncak Idenberg sulit ditaklukan, namun berkat kegigihan para pendaki yang berasal dari Pencinta Alam Universitas katolik Parahyangan berhasil menaklukannya di tahun 2009 dan kemudian diberi nama Puncak Merah Putih.

5) Gunung Yamin 

  • Lokasi : Papua Barat
  • Ketinggian Gunung Yamin pada kisaran 4.595 mdpl
Gunung Yamin membentang mulai dari Papua Barat sampai mencapai perbatasan dengan Papua Nugini

6) Gunung Kerinci 

  • Lokasi : Provinsi Jambi
  • Ketinggian : 3.805 mdpl
Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan merupakan jenis Gunung Merapi.

7) Gunung Rinjani 

  • Lokasi : Provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya di Pulau Lombok
  • Ketinggian : 3.726 mdpl
Gunung Rinjani adalah jenis gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia dan telah ditetapkan menjadi kawasan Taman Nasional. 

8) Gunung Semeru  

  • Lokasi : Provinsi Jawa Timur 
  • Ketinggian : 3.676 mdpl
Gunung Semeru berada diantara dua Kabupaten yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Jenis gunung semeru merupakan merapi aktif yang mempunya tipe Stratovolcano. Gunung Semeru adalah Gunung Merapi tertinggi ke 3 di Indonesia. Puncak tertingginya disebut Mahameru. 

9) Gunung Sanggar 

Lokasi : Provinsi Nusa Tenggara Barat
Ketinggian : 3.492 mdpl

10) Gunung Latimojong 

Lokasi : Provinsi Sulawesi Selatan
Ketinggian : 3.478 mdpl
Gunung Latimojong berada ditengah-tengah pulau Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Enrekang. 

Nama Gunung Tertinggi di Indonesia lainnya

Daftar Nama-Nama Gunung diatas adalah 10 gunung tertinggi yang berada di negara Indonesia. Berikut adalah nama-nama gunung lainnya yang berada di Indonesia namun bukan termasuk 10 besar.

  1. Gunung Agung mempunyai ketinggian 3.031 mdpl dan berada di Pulau Bali Kabupaten Karang Asem Provinsi Bali.
  2. Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.084 terletak di Provinsi Jawa Barat dan ditetapkan menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.
  3. Gunung Sindara dengan ketinggian 3.150 mdpl dan termasuk jenis gunung merapi terletak di Provinsi Jawa Tengah.
  4. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142 mdpl yang berada di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Magelang dan termasuk gunung merapi.
  5. Gunung Dempo yang terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu ini memiliki ketinggian 3.173 mdpl. 
  6. Gunung Lawu adalah gunung yang berada diperbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dan termasuk jenis gunung merapi.
  7. Gunung Raung termasuk gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian 3.344 mdpl dan merupakan jenis gunung merapi aktif yang terletak di Provinsi Jawa Timur.
  8. Gunung Yaramamafaka memiliki ketinggian 3.370 mdpl dan terletak di Pulau Papua berdekatan dengan gunung-gunung kecil lainnya.
  9. Gunung Sumbing mempunyai ketinggian 3.371 mdpl dan terletak di Provinsi Jawa Tengah di kelilingi oleh 3 kabupaten yaitu Kabupaten Temanggung, Magelang dan Wonosobo.
  10. Gunung Slamet adalah gunung tertinggi pada urutan ke 11 di Indonesia yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Gunung Slamet merupakan jenis gunung merapi aktif stratovolcano, terdapat kawasan wisata yang terkenal ialah Batu Raden.
Pada setiap kawasan gunung-gunung diatas merupakan tempat pendakian, traveling atau lainnya yang menjadi tujuan baik pendaki maupun wisatawan asing. Demikian daftar 20 nama gunung tertinggi di Indonesia beserta lokasi dan jenisnya. Semoga Bermanfaat.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.