Apa Saja Fungsi dan Bagian Yang Terdapat Dalam Bunga ?
Apa Saja Fungsi dan Bagian Yang Terdapat Dalam Bunga ?

Apa Saja Fungsi dan Bagian Yang Terdapat Dalam Bunga ?

Seperti halnya manusia, Bunga mempunyai alat reproduksi dan bagian yang memiliki fungsi agar bunga bisa menghasilkan seperti biji dan lainnya melalui penyerbukkan yang kemudian terjadinya pembuahan

Apa Saja Fungsi dan Bagian Yang Terdapat Dalam Bunga
Struktur Tanaman Bunga Lengkap
Seperti halnya manusia, Bunga mempunyai alat reproduksi dan bagian yang memiliki fungsi agar bunga bisa menghasilkan seperti biji dan lainnya melalui penyerbukkan yang kemudian terjadinya pembuahan. Bagian dalam bunga seperti Benang Sari dan Putik adalah bagian yang terpenting sebagai alat reproduksi bagi tumbuhan seperti Bunga. Dalam prosesnya sendiri bunga akan berkembang bisa secara tunggal ataupun bersama-sama tergantung jenisnya. Bunga yang dapat tumbuh dan berkembang secara bersamaan dalam satu kelompok (rangkaian) disebut sebagai bunga majemuk, bunga ganda (inflorescence).

Nama lain dari bunga sendiri biasa disebut kembang yang merupakan termasuk jenis tumbuhan berbiji tertutup. Bunga akan mengalami penyerbukan dan terkadang dibantu oleh hewan seperti madu yang membantu proses penyerbukan. Maka terdapat bunga yang berwarna-warni agar bisa menarik hewan untuk membantu penyerbukan. Biji yang terdapat dalam bunga terbentuk karena menyatunya gamet jantan (Mikrospora) dan gamet betina (Makrospora). Setelah tejadi pembuahan bunga akan terus berkembang dan akan menjadi buah yang dapat melindungi biji.

Fungsi dan Bagian Bunga

1. Benang Sari

Benang sari yang terdapat dalam bunga adalah salah satu organ reproduksi jantan memiliki fungsi untuk penyerbukan. Sedangkan Benang sari terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi berbeda seperti :
  • Kepala Sari memiliki fungsi untuk menampung serbuk sari dan letaknya berada di ujung Tangkai Sari.
  • Tangkai Sari sendiri merupakan bagian dari Benang Sari yang berfungsi untuk membuat Kepala Sari lebih tinggi dari Bunga dan mudah dihinggapi serangga dan terkena tiupan angin yang akan membuat serbuk dari dapat bertemu putik untuk membantu penyerbukan pada tumbuhan tersebut.
  • Tepung Sari merupakan sel-sel kelamin jantan yang berfungsi untuk proses penyerbukan.

2. Putik

Lain halnya dengan Putik adalah sebagai organ kelamin betina yang memiliki fungsi sebagai alat reproduksi seksual pada setiap tumbuhan khususnya tanaman bunga dan memiliki sel telur untuk proses pertumbuhan. Putik sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu sebagai berikut :
  • Kepala Putik terdapat di bagian ujung putik.
  • Tangkai Putik memiliki fungsi untuk menopang kepala putik dan menjadikan kepala putik lebih tinggi agar bisa menangkap serbuk sari saat proses penyerbukan.
  • Bakal Buah sendiri mengandung sel telur juga dikenal dengan ovariumnya tumbuhan yang memiliki fungsi untuk terjadinya pembuahan dan menjadi bakal buah sampai berkembang menjadi buah dan terletak di bagian dasar bunga.

3. Mahkota Bunga

Bagian lainnya yang paling indah pada bunga adalah Mahkota Bunga dimana memiliki warna-warna yang mencolok dan sedap dipandang mata. Hal tersebut memiliki fungsi untuk menarik perhatian serangga untuk membantu proses penyerbukan.

4. Bakal Biji

Bakal Biji akan tumbuh berkembang jika terjadi pembuahan untuk menjadi Biji. Bakal Biji memiliki fungsi untuk proses pertemuan antara sel telur dan serbuk sari melalui proses penyerbukan.

5. Kelopak Bunga

Pada bagian Mahkota Bunga terdapat kelopak bunga yang letaknya diluar mahkota bunga ketika masih dalam keadaan kuncup. Ketika mahkota bunga mekar maka kelopak bunga sebagi pelindung akan ikut mekar.

6. Dasar Bunga

Dasar Bunga yang berada pada bagian bawah bunga mempunyai fungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.

7. Tangkai Bunga

Tangkai Bunga sendiri adalah bagian yang sering kita pegang atau biasa disebut batang adalah merupakan bagian terkahir dari cabang bunga.

Tanaman atau tumbuhan bunga sendiri banyak jenisnya adalah sebagai berikut :

  • Bunga Lengkap adalah bunga yang mempunyai struktur lengkap seperti yang telah dijabarkan diatas. Contoh bunga lengkap seperti bunga sepatu.
 Fungsi dan Bagian Yang Terdapat Dalam Bunga
Bunga Sepatu
  • Bunga Tidak Lengkap adalah bunga yang tidak memiliki beberapa bagian seperti alat kelamin ataupun bagian lainnya. Contoh bunga tidak seperti bunga kelapa.
Fungsi dan Bagian Yang Terdapat Dalam Bunga
Bunga Kelapa 
  • Bunga Sempurna adalah jenis bunga yang memiliki dua alat kelamin. Contoh bunga yang sempurna seperti Bunga Matahari.
Apa Saja Fungsi dan Bagian Yang Terdapat Dalam Bunga
Bunga Matahari
  • Bunga Tidak Sempurna adalah bunga yang memiliki hanya satu alat reproduksi seperti benang sari saja. Contoh bunga tidak sempurna seperti bunga pepaya.
bagian dan fungsi dalam bunga
Bunga Pepaya

Demikian penjelasan tentang fungsi serta bagian-bagian dalam bunga. Jika ada yang ingin ditanyakan dan mau menambahkan silahkan dikolom komentar. Dengan senang hati admin akan menambahkannya.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.