Jenis dan Manfaat Sumber Daya Alam di Laut
Jenis dan Manfaat Sumber Daya Alam di Laut

Jenis dan Manfaat Sumber Daya Alam di Laut

Jenis sumber daya alam yang terdapat dilaut mempunyai manfaat yang besar bagi seluruh manusia yang ada di muka bumi ini

Jenis dan Manfaat Sumber Daya Alam di Laut
Sumber Daya Alam apa saja yang terdapat di laut ?
Jenis sumber daya alam yang terdapat dilaut mempunyai manfaat yang besar bagi seluruh manusia yang ada di muka bumi ini. Berbagai macam jenis makhluk hidup didalamnya seperti ikan tak pernah ada habisnya walaupun setiap saat di ambil oleh para nelayan sebagai mata pencaharian sehari-hari. Pemanfaatan sumber daya yang berasal dari laut semakin maju baik dalam bidang teknologinya maupun dalam menjaganya agar alam bawah laut tetap asri sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan mahkluk hidup didalamnya.

Laut merupakan ekosistem air yang habitat berada di air. Contoh ekosistem air adalah seperti rawa-rawa, danau, sungai maupun laut dimana terdapat ekosistem didalamnya yang mempunyai lebih banyak manfaatnya bagi umat manusia. Terdapat jenis sumber daya laut seperti Terumbu Karang yang saat ini terancam rusak oleh sebagian orang yang tidak bertanggungjawab seperti menggunakan bom, pestisida ketika mencari ikan, terkontaminasi limbah minyak dan tertabrak kapal laut. Jika terumbu karang rusak maka bisa dipastikan ekosistem didalamnya seperti ikan semakin lama akan punah. Padahal untuk mengembalikan agar terumbu karang membutuhkan waktu puluhan tahun untuk memperbaikinya.

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang di kelilingi oleh laut dimana sumber daya alam yang terdapat dilaut Indonesia. Sebagian mata pencaharian rakyat Indonesia adalah sebagai nelayan.

Berikut adalah jenis sumber daya alam yang terdapat di dalam laut :

1. Ikan

  • Manfaat Ikan adalah sebagai sumber daya protein yang sangat baik bagi tubuh manusia. 
  • Ikan tergolong mahkluk hidup yang dapat diperbaharui karena mampu berkembang biak.
  • Banyak jenis ikan laut yang mulai terancam punah seperti ikan Hiu yang hanya diambil siripnya dan dijadikan makanan mewah. Hewan mamalia seperti Ikan Paus pun diambang kepunahan karena banyak sekali dilakukan perburuan dengan mengesampinkan aspek keseimbangan dalam ekositem biota bawah laut.

2. Garam / Air Laut

  • Sumber daya alam dilaut seperti garam adalah kebutuhan sehari-hari sebagai penyedap rasa. 
  • Garam mempunyai kandungan Yodium yang dapat mencegah kanker dan dipercaya dapat menghilangkan jerawat.
  • Garam yang berasal dari laut dapat diproduksi cara tradisional dengan bantuan sinar matahari atau pun menggunakan mesin canggih.
  • Penghasil garam terbesar di Indonesia adalah pulau Madura dimana garam yang dihasilkan sangat berkualitas.

3. Gulungan Ombak

  • Pemanfaatan sumber daya laut lainnya seperti ombak selain digunakan sebagai sarana olah raga juga dapat mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi tenaga listrik.

4. Tumbuh-Tumbuhan

  • Jenis tumbuhan yang ada di dalam laut seperti Rumput laut yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan pada tubuh manusia karena rumput laut mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu rumput laut digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kosmetik.

5. Terumbu Karang

  • Terumbu Karang merupakan salah satu tumbuhan yang terdapat dalam laut yang dangkal. 
  • Manfaat Terumbu karang mampu menghasilkan oksigen dan sebagai salah satu indikator agar membuat air laut menjadi lebih bersih.
  • Terumbu karang merupakan surga bawah laut karena terkenal dengan keindahannya.

6. Pasang Surut Air Laut

  • Setiap hari air laut akan mengalami pasang surut yang disebabkan oleh gravitasi bulan. Ketika air laut pasang dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mencari ikan dan ketika surut mereka pulang dengan hasil tangkapannya.

7. Mutiara

  • Manfaat dari mutiara adalah mempunyai nilai ekonomis dan merupakan perhiasan bagi kaum perempuan khusunya. 
  • Mutiara adalah termasuk ekosistem yang dapat diperbaharui karena para pembudidaya kerang dapat membuat mutiara. 

8. Minyak Bumi

  • Didalam laut terdapat minyak bumi yang bermanfaat untuk menjalankan transportasi kendaraan bermotor. Bisa anda bayangkan jika tidak ada minyak bumi, mungkin kita masih hidup seperti di jaman batu bukan !

9. Pasir Laut

  • Pasir laut bermanfaat untuk pembangunan rumah dan gedung dan sarana lainnya. 
Dari beberapa jenis sumber daya alam yang terdapat di laut terdapat ekosistem yang keberadaannya harus kita lindungi. Pemanfaatan sumber daya laut dengan menjaga aspek keseimbangan tentunya bagian dari kepedulian kita ikut menjaga keutuhan biota laut.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.