49+ Daftar Nama Negara di Benua Asia Berikut Ibukotanya
49+ Daftar Nama Negara di Benua Asia Berikut Ibukotanya

49+ Daftar Nama Negara di Benua Asia Berikut Ibukotanya

Berapakah sebenarnya nama negara yang berada di wilayah Benua Asia ? Apa sajakah nama Ibukotanya ?

Daftar Nama Negara di Benua Asia Berikut Ibukotanya
Peta Benua Asia
Berapakah sebenarnya nama negara yang berada di wilayah Benua Asia ? Apa sajakah nama Ibukotanya ? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya kita berdayakan budaya membaca sampai akhir artikel ini yah agar kalian bisa memahami lebih jauh negara mana saja yang terdapat di wilayah Benua Asia yang telah memiliki kedaulatan.

Patut kalian ketahui bahwa Benua Asia merupakan benua terbesar pertama di Dunia. Wilayah Benua Asia sendiri hampir memiliki luas 9% dari wilayah di muka bumi ini. Selain menjadi benua terbesar Benua Asia juga yang paling memiliki jumlah penduduk paling banyak di Dunia. 

49+ Nama Negara di Benua Asia

Benua Asia terkenal juga dengan nama Benua Kuning. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa Benua Asia terbagi menjadi 5 Kawasan yaitu Asia Bagian Barat, Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan dan Asia Tengah. Berbicara Asia Tenggara adalah suatu kawasan yang bisa juga disebut negara Association of South East Asian Nations (ASEAN). Berikut adalah daftar nama negara yang berada di Benua Asia berikut dengan nama Ibukotanya dimulai dari Kawasan yang memiliki lebih banyak Negara didalamnya :

1. Kawasan Asia Barat 

Untuk kawasan Asia Bagian Barat juga bisa disebut Kawasan Timur Tengah dimana negara yang berada didalamnya masih ada yang mengalami konflik berkepanjangan seperti konflik perebutan wilayah Israel dan Palestina. Untuk negara Turki sendiri secara geografis sebenarnya termasuk kedalam Benua Asia namun Turki lebih memilih untuk masuk Benua Eropa. Karena Turki lebih memilih Benua Eropa maka jumlah negara yang terdapat di Kawasan Asia Barat berjumlah 17 Negara. Berikut nama negara yang berada dikawasan Asia Barat :


No Nama Negara Ibu Kota
1 Armenia Yereven
2 Azerbaijan Baku
3 Bahrain Manama
4 Siprus Nicosia
5 Georgia Tiblisi
6 Irak Baghdad
7 Israel Tel Aviv
8 Yordania Amman
9 Kuwait Quwait
10 Lebanon Beirut
11 Oman Muscat
12 Palestina Gaza
13 Qatar Doha
14 Arab Saudi Riyadh
15 Suriah Damaskus
16 Turki Ankara
17 Uni Emirat Arab Abu Dhabi
18 Yaman Sanaa

2. Kawasan Asia Tenggara

Nama Negara yang berada di Kawasan Asia Tenggara tergabung dalam anggota Asean terkecuali Timor Leste dan kemungkinan akan bergabung. Jadi jumlah negara yang terdapat dalam kawasan Asia Tenggara sebelum Timor Leste berpisah dengan Indonesia adalah 10 Negara. Dibawah ini adalah nama negara yang berada di wilayah Asia Tenggara :


No Nama Negara Ibu Kota
1 Kamboja Pnom Penh
2 Laos Vientiane
3 Myanmar Napydaw
4 Thailand Bangkok
5 Vietnam Hanoi
6 Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan
7 Filipina Manila
8 Indonesia Jakarta
9 Malaysia Kuala Lumpur
10 Singapura Singapura
11 Timor Leste Dili

3. Kawasan Asia Selatan

Jumlah Negara di Asia Selatan sendiri tadinya hanya 6 saja, namun karena negara India telah mengalami konflik dan terjadi perpecahan menjadi 3 Negara yaitu Pakistan, Bangladesh dan India. Pakistan sendiri terdiri dari 2 bagian yaitu Pakistan Timur dan Barat yang keduanya bermayoritas agama Islam sedangkan India beragama Hindu. Selanjutnya Pakistan Timur mendeklarasikan kemerdekaanya dan merubah namanya menjadi Bangladesh. Jumlah negara dikawasan timur akhirnya menjadi 8 negara. Dibawah ini adalah daftar nama negara yang berada di Kawasan Asia Selatan.


No Nama Negara Ibu Kota
1 Bangladesh Dhaka
2 Afganistan Kabul
3 Bhutan Thimpu
4 India New Delhi
5 Maladewa Male
6 Nepal Kathmandu
7 Pakistan Islamabad
8 Sri Lanka Kolombo

4. Kawasan Asia Timur

Jumlah negara yang berada dikawasan Asia Timur berjumlah 7 Negara. Negara yang terbesar adalah RRC atau Republik Rakyat Cina. Penduduk yang tinggal di kawasan asia timur hampir dibilang satu rumpun karena memiliki mata yang sipit dan berkulit putih. Berikut adalah daftar nama negara di kawasan Asia Timur :


No Nama Negara Ibu Kota
1 Republik Rakyat Cina Beijing
2 Jepang Tokyo
3 Korea Utara Pyongyang
4 Korea Selatan Seoul
5 Taiwan Taipei
6 Mongolia Ulan Bator
7 Hongkong Hongkong


5. Kawasan Asia Tengah

Jumlah negara di kawasan Asia Tengah berjumlah 6 negara dimana terdapat 5 negara bekas Uni Soviet terkecuali Iran. Dibawah ini adalah nama negara dan Ibukota di kawasan Asia Tengah :


No Nama Negara Ibu Kota
1 Iran Teheran
2 Kazakhstan Astana
3 Kirgizstan Bishkek
4 Tajikistan Dushanbe
5 Turkmenistan Ashgabat
6 Uzbekistan Tashkent

Jadi jumlah negara yang berada di Benua Asia sebelum ada Timor Leste dan belum termasuk Turki karena ingin menjadi bagian dari Benua Asia adalah berjumlah 47 Negara. Demikian ulasan tentan nama negara di benua Asia plus Ibukotanya.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.