Pengertian Lingkungan Alam dan Buatan
Pengertian Lingkungan Alam dan Buatan

Pengertian Lingkungan Alam dan Buatan

Pengertian Lingkungan adalah keadaan yang tampak dan ada di sekitar kita. Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan

Pengertian Lingkungan Alam dan Buatan
Pengertian Lingkungan adalah keadaan yang tampak dan ada di sekitar kita. Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Perbedaan Lingkungan alam dan buatan adalah bahwa lingkungan alam dibuat oleh Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan lingkungan buatan dibuat oleh manusia.

Lingkungan Alam 

Bentuk kenampakan lingkungan alam beragam, antara lain sungai, gunung, pegunungan, hutan, danau, pantai, dan laut. Pada artikel kita akan membahas tentang lingkungan alam yang ada di sekitar rumah dan sekolah. Tempat tinggal kita berbeda-beda tentu saja lingkungan alam disekitarnya pun berbeda. Contohnya lingkungan alam di desa berbeda dengan lingkungan alam di kota.

Pemandangan di desa sungguh indah dan asri. Setiap orang yang berkunjung akan merasa nyaman karena udaranya segar dan bebas polusi. Masyarakat desa sangat ramah dan saling mengenal satu sama lain. Mereka mengutamakan budaya gotong royong. Bagi kamu yang tinggal di kota tentu berbeda dengan kamu yang tinggal di daerah pedesaan. Di kota, lahan yang tersisa sangat sedikit sehingga pohon-pohon yang ditanam pun sangat sedikit. Dan lahan yang sedikit tersebut tidak jarang
rumah-rumah di perkotaan tidak ada jarak antara rumah satu dengan rumah yang lain.

Akibatnya, udara menjadi panas dan suasananya pun sangat ramai. Agar kita memahami lingkungan alam di sekitar rumah dan sekolah. Mari kita pelajari macam-macam lingkungan alam yang ada di sekitar kita.

Macam - Macam Lingkungan

Berikut adalah macam-macam lingkungan yang ada disekitar antara lain :

1. Sungai

Sungai adalah alur panjang yang dialiri oleh air dan daratan tinggi menuju daerah lebih rendah dan bermuara di laut. Sungai ada yang dalam dan ada juga yang dangkal. Sungai ada yang besar dan ada juga yang kecil. Sungai ada yang panjang ada juga yang lebar. Di beberapa wilayah Indonesia, sungai dijadikan sebagai sarana transportasi, PLTA, dan sebagainya. Contoh sungai yang dijadikan sebagai PLTA adalah Sunga Musi, Sungai Brantas, dan Sungai Bengawan Solo. Bagi sebagian penduduk, sungai memiliki banyak manfaat, di antaranya :
  • Mengairi sawah.
  • Sarana penyeberangan penduduk.
  • Sarana berolahraga, seperti dayung dan arung jeram.
  • Memelihara ikan.
  • Objek wisata.
  • Pasar terapung, seperti di Sumatra dan Kalimantan.
Sungai perlu kita pelihara dengan cara tidak membuang sampah ke sungai karena akibatnya akan merugikan kehidupan. Jika aliran air tersumbat dengan sampah maka akan mengakibatkan banjir. Banjir sangat berbahaya bagi kehidupan. Banjir dapat memusnahkan tumbuh-tumbuhan dan hewan, bahkan dapat menghanyutkan nyawa manusia.


2. Gunung


Gunung adalah bukit yang sangat besar dan menonjol yang mempunyai ketinggian lebih dan 600 meter di atas permukaan laut. Gunung ada dua jenis, yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi. Gunung berapi sewaktu-waktu dapat meletus dan mengeluarkan lahar yang sangat panas. Lahar adalah lumpur panas yang keluar dan kawah gunung berapi. Contoh gunung berapi adalah Gunung Merapi (Jawa Tengah), Gunung Semeru (JawaTimur), dan Gunung Kerinci (Sumatra Barat).

Gunung dapat dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan, seperti perkebunan teh, perkebunan karet, dan perkebunan tembakau. Selain itu, gunung juga dapat dimanfaatkan sebagal tempat rekreasi. Udara di pegunungan sangat sejuk, segar, dan bersih. Daerah pegunungan belum tercemar oleh udara yang kotor. Oleh karena itu, sebagian orang memanfaatkan gunung untuk tempat beristirahat. Selain udaranya yang sejuk, gunung memiliki pemandangan yang indah. Di puncak gunung kita juga bisa melihat terbitnya matahari pagi.


3. Hutan


Hutan alam adalah hutan yang tumbuh secara alami, bukan ditanam oleh manusia. Manfaat hutan antara lain mencegah tanah longsor dan erosi, sebagai tempat hidup beraneka ragam hewan dan tumbuhan, dan sebagai sumber mata air. Oleh karena itu, ada baiknya kita jangan mencoba merusak hutan. Hutan wajib kita jaga kelestariannya dengan cara tebang pilih. Maksudnya, menebang pohon dengan memilih pohon yang sudah tua dan mengadakan reboisasi atau penghijauan kembali.


4. Danau


Danau disebut juga telaga atau situ. Danau merupakan genangan air yang luas dan dikelilingi daratan. Salah satu contohnya adalah Danau Toba. Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia yang berada di wilayah provinsi Sumatera Utara. Ditengah-tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yang diberi nama Pulau Samosir yang terkenal dengan cerita rakyatnya. Manfaat danau di antaranya:
  • Sebagai objek wisata alam.
  • Tempat berlayar.
  • Penyeberangan dan perahu dayung.
  • Tempat beternak ikan.
  • Sebagai PLTA.

5. Laut


Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua dan pulau. Laut memliki banyak manfaat, antara lain adalah :
  1. Pembangkit listrk tenaga ombak
  2. Tempat rekreasi dan hiburan. pasang surut, dan angin.
  3. Tempat hidup sumber makanan kita. 
  4. Sebagai 1aur transportasi air.
  5. Sumber mata pencaharian bagi nelayan
  6. Sebagai objek riset peneliltian.

Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia. Contoh lingkungan buatan yang dibuat manusia adalah sebagai berikut. 

1. Area Persawahan 

Sawah sengaja dibuat oleh manusia untuk bercocok tanam. Sawah biasanya ditanami padi, tebu, tembakau, jagung, dan kacang. Dalam menggarap sawah, petani menerapkan panca usaha tani, yang meliputi: 
  • pengolahan tanah
  • pembibitan
  • pemupukan
  • pengairan
  • pemberantasan hama. 

2. Area Waduk 

Waduk adalah kolam besar tempat menyimpan air atau biasa disebut dam. Waduk sengaja dibuat oleh manusia. Manfaat waduk di antaranya adalah : 

a. untuk mengairi sawah, terutama saat musim kemarau
b. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
c. sarana olahraga
d. perikanan, dan
e. rekreasi. 

3. Area Pelabuhan 

Pelabuhan adalah tempat bersandarnya kapal-kapal besar atau kecil di tepi pantai. Pelabuhan sengaja dibuat oleh manusia.  Manfaat pelabuhan, antara lain: 
  1. Tempat berlabuhnya kapal-kapal penyeberangan. 
  2. Tempat menyimpan sementara barang-barang yang keluar dan masuk dan daerah lain atau luar negeri. 

Contoh pelabuhan yang ada di Indonesia : 

  • Tanjung Priok di Jakarta. 
  • Tanjung Perak di Surabaya. 
  • Tanjung Mas di Semarang. 

4. Bangunan

Bangunan sengaja dibuat oleh manusia. Contoh bangunan di antaranya: 
  1. Rumah yang memiliki fungsi untuk tempat tinggal, tempat berkumpul dengan keluarga, tempat berlindung dan panas dan hujan. 
  2. Sekolah sebuah lingkungan buatan yang berfungsi untuk menuntut ilmu. 
  3. Pertokoan lingkungan buatan yang memiliki fungsi untuk tempat jual-beli.
  4. Jembatan berguna untuk tempat menyeberang, dan  sebagainya. 

5. Area Taman

Taman adalah suatu tempat yang ditata rapi dan ditanami berbagai macam bunga dan pohon-pohon. Sempitnya fahan kosong di perkotaan tidak memungkinkan sefiap rumah memiliki kebun sendiri. OIeh karena itu, dibangun taman kota yang fungsinya sebagai paru-paru kota. 

Di taman kota, ditanam berbagal bunga dan pohon-pohon yang rindang. Pada hari-hari libur, taman kota biasanya ramai di kunjungi masyarakat sekitar. Mereka ke sana biasanya untuk bersantai dan untuk melepaskan Ielah sambil menikmati keindahan pemandangan. 

Di sekolah, baik di kota maupun di desa, sering dibuat taman sekolah. Taman sekolah biasanya ditanami berbagai macam bunga dan apotek hidup. Apotek hidup adalah sejenis tanaman obat-obatan dan berguna untuk keperluan sehari-hari. 

Gambar Contoh Lingkungan Buatan

Contoh Lingkungan alam yang menjadi Paru-Paru Bumi

Hutan merupakan sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia. Selain sebagai penyedia bahan baku, hutan berfungsi sebagai sumber plasma nutfah (materi genetik) dan sistem penunjang kehidupan. Hutan disebut sebagai “paru-paru bumi” karena menyediakan oksigen dan menyerap karbon dioksida melalui fotosintesis, menyerap polutan, serta memelihara keseimbangan siklus hidrologi dan stabilitas iklim. 

Berikut ini delapan jenis hutan di dunia menurut ciri-ciri daun dan iklimnya :

1. Hutan bergugur daun (deciduous forest). 
2. Hutan musim bergugur daun (deciduous monsoon forest). 
3. Hutan sabana tropis (tropical savanna forest). 
4. Hutan konifer atau taiga (northern coniferous forest atauboreal forest). 
5. Hutan basah/hujan tropis (tropical rain forest). 
6. Hutan berdaun selalu hijau (temperate evergreen forest). 
7. Hutan basah sedang (temperate rain forest). 
8. Hutan semak belukartropis (tropical scrub forest). 

Jika kalian sudah selesai membaca artikel pengertian lingkungan alam dan buatan, tentunya adik-adik bisa menjawab semua soal-soal dibawah ini bukan ?
Tuhan menciptakan alam serta isinya dengan sangat sempurna untuk kehidupan manusia. Melestarikan lingkungan di sekitar kita merupakan tanggung jawab bersama. Ya saat ini, biasakanlah membuang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan lingkungan. Dengan begitu, kelestarian lingkungan alam dan buatan akan tetap terjaga. 
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.