Pengertian Sekolah Tinggi, Universitas, Institut, Politeknik dan Akademi
Pengertian Sekolah Tinggi, Universitas, Institut, Politeknik dan Akademi

Pengertian Sekolah Tinggi, Universitas, Institut, Politeknik dan Akademi

Berikut adalah pengertian dan jenis perguruan tinggi di Indonesia dan perbedaannya

Pengertian Sekolah Tinggi, Universitas, Institut, Politeknik dan Akademi
Pengertian Sekolah Tinggi, Universitas, Institut, Politeknik dan Akademik. Bagi para siswa-siswi yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi tentunya ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan dan diketahui, misalnya saja dalam memilih perguruan tinggi pastinya impian setiap orang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri daripada perguruan tinggi swasta. Namun membutuhkan perjuangan untuk masuk ke perguruan negeri salah satunya adalah rajin belajar agar menjadi lebih pintar karena bisa kalian bayangkan jika masuk perguruan tinggi negeri semuanya adalah orang jenius.

Jenis - Jenis Perguruan Tinggi

Sebelum menentukan perguruan tinggi mana yang akan kalian tuju, tentunya anda harus mengetahui Perbedaan antara Sekolah Tinggi, Universitas, Institut, Politeknik maupun Akademik. Berikut adalah pengertian dan jenis perguruan tinggi di Indonesia dan perbedaannya :

1. Sekolah Tinggi

Pengertian Sekolah tinggi adalah suatu perguruan tinggi yang menyelenggarakan jenis pendidikan akademik dimana kalian harus menguasai ilmu pengetahuan tertentu seperti teknologi atau pun seni. Jika memenuhi kualifikasi, sekolah tinggi dapat menyelengggarakan pendidikan profesi tertentu. Misalnya  sebagai contoh jika Anda kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi maka Anda bisa memiliki profesi spesiali bidang ekonomi.

2. Universitas

Pengertian Universitas adalah merupakan jenis perguruan tinggi dalam kelompok pendidikan vokasi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai macam jenis rumpun ilmu. seperti Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) yang menyelenggarakan pendidikan dibidang ilmu Agribisnis, Pangan, Manajemen , Akutansi dan rumpun ilmu lainnya.

3. Institut

Pengertian Institut adalah merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, institut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi seperti halnya Universitas. Yang menjadi perbedaannya dengan universitas adalah dari keterbatasannya saja dimana Universitas lebih luas sedangan Institut lebih condong fokus dalam ilmu teknologi dan teknik.

4. Akademi

Pengertian Akademi adalah perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan suatu program studi dan lebih fokus pada keterampilan praktik kerja didalam dan diluar lapangan serta dapat menunjukkan kemampuan untuk bisa mandiri. Contoh jenis akademi yang mempunyai status kedinasan yang diselenggarakan oleh pemerintah seperti AKMIL (Akademi Militer) dan AKPOL (Akademi Polisi).

5. Politeknik

Pengertian Politeknik merupakan sistem pendidikan nasional yang mempunyai tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa yang memiiliki kemampuan profesional dan dapat mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi ditengah masyarakat dan lingkungannya. Perguruan ini lebih banyak melakukan praktik ketimbang teori dalam pembelajarannya. Contoh Politeknik Kesehatan.
Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup, ia adalah hidup itu sendiri
Nah dari beberapa kriteria perguruan tinggi diatas mana yang akan Anda pilih ? Pilihlah sesuai kemampuan yang anda miliki. Contohnya saja saya adalah seorang wanita yang sangat menyukai artikel kesehatan maka saya memilih Stikes untuk mengembangkan ilmu yang saya dapat. Ketika saya mencoba untuk menguasai ilmu lainnya seperti komputer terkadang merasa jenuh karena tidak terlalu menguasai.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.