Perbedaan Umbra dan Penumbra Serta Pengaruhnya Terhadap Bumi
Perbedaan Umbra dan Penumbra Serta Pengaruhnya Terhadap Bumi

Perbedaan Umbra dan Penumbra Serta Pengaruhnya Terhadap Bumi

Umbra dan Penumbra merupakan suatu fenomena alam yang berhubungan dengan matahari, bulan dan bumi

Perbedaan Umbra dan Penumbra Serta Pengaruhnya Terhadap Bumi
Perbedaan Umbra dan Penumbra. Umbra dan Penumbra merupakan suatu fenomena alam yang berhubungan dengan matahari, bulan dan bumi. Matahari sendiri adalah tata surya yang menyinari bumi dan bulan menyinari bumi dimalam hari dimana cahaya bulan tersebut merupakan pantulan dari sinar matahari. Fenomena alam yang terjadi pada matahari dan bulan sangat berpengaruh pada kehidupan di bumi. Contoh kecilnya saja gravitasi bulan terhadap bumi membuat air laut menjadi pasang surut.

Perbedaan Umbra dan Penumbra

Umbra sendiri merupakan suatu bayangan inti yang terbentuk saat terjadinya proses gerhana bulan. Jika melihat contoh gambar diatas Umbra mempunyai bayangan inti yang sangat gelap sedangankan yang menjadi perbedaan dengan Penumbra adalah karena penumbra memiliki bayangan yang samar-samar dibelakang bayangan umbra.

Umbra terbentuk dibelakang planet bumi karena bayangan inti tersebut jatuh ke bulan akibat terhalang dari sinar matahari oleh bumi. Posisi ketiga tata surya tersebut pada posisi garis lurus, karena posisi tata surya bumi berada di tengah maka sinar matahari yang seharusnya menyinari sisi bulan namun terhalang oleh bumi.

Terhalangnya sinar matahari oleh bumi yang ditujukan ke bulan akan membentuk dua bayangan yang disebut Umbra (bayangan inti/sangat gelap) dan Penumbra (bayangan samar/bayangan tambahan) .

Fase Umbra dan Penumbra

Pengertian Fase merupakan perubahan yang terjadi dari suatu proses. Seperti air menjadi es yang membutuhkan tahapan-tahapan tertentu untuk menjadi es. Begitu pula dengan umbra dan penumbra akan mengalami fase-fase tertentu seperti yang akan admin uraikan dibawah ini :
  • Fase Umbra terjadi karena bulan terus aktif bergerak sehingga bulan berada di posisi tengah bayangan inti atau area gelap. Saat fase umbra terjadi maka sinar cahaya matahari yang mengenai permukaan bulan akan menjadi berkurang secara drastis. Maka kita yang ada dibumi akan melihat bulan seperti tenggelam terkadang sampai membentuk bulan sabit. Pada fase puncak bulan akan benar-benar kehilangan cahaya matahari secara totalitas dan maka akan terjadi yang biasa di sebut gerhana bulan. 
  • Fase Penumbra adalah ketika bulan bergerak dan memasuki bayangan samar. Penumbra mempunyai area bayangan lebih luas dibandingkan dengan bayangan inti Umbra. Dalam proses ini bayangan samar (penumbra) akan lebih cepat hilang karena bulan sudah bergerak kembali ke fase bayangan inti (Umbra). 

Pengaruh Umbra dan Penumbra

  • Pengaruh Umbra terhadap bumi tidak akan merubah keadaan apapun didalam bumi. Namun akan terjadi fenoma alam yang biasa di sebut gerhana bulan dan hanya terjadi sebentar saja dimana bulan akan tenggelam untuk sementara waktu.
  • Seperti halnya dengan Umbra, Penumbra tak akan mempunyai dampak apapun ke bumi, yang terjadi hanya fenomena alam saja dimana bulan akan terlihat samar-samar.  
Kesimpulan yang dapat admin ambil adalah bahwa Umbra dan Penumbra terjadi karena bumi menutupi matahari yang kemudian terjadinya gerhana bulan dan tidak ada pengaruhnya terhadap bumi. Perbedaan umbra dan penumbra adalah hanya terdapat bayangan gelap dan samar ketika bumi menutupi matahari dimana masing-masing memiliki area bayangan yang luas dan kecil. Semoga Bermanfaat
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.