Nama Organisasi dan Pelopor Lahirnya Sumpah Pemuda
Nama Organisasi dan Pelopor Lahirnya Sumpah Pemuda

Nama Organisasi dan Pelopor Lahirnya Sumpah Pemuda

materi soal ujian PKN yang berhubungan dengan nama organisasi dan pelopor yang menjadi latar belakang lahirnya sumpah pemuda untuk kelas 3 SD dan MI

Nama Organisasi dan Pelopor Lahirnya Sumpah Pemuda
Berikut ini adalah uji kompetensi materi soal ujian PKN yang berhubungan dengan nama organisasi dan pelopor yang menjadi latar belakang lahirnya sumpah pemuda untuk kelas 3 SD dan MI. Adapun inti dari Sumpah Pemuda adalah Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. Sebagai generasi penerus bangsa, tekad dan semangat Sumpah Pemuda tersebut dapat membuat adik-adik mewujudkannya dengan cara belajar yang rajin agar cita-cita kalian dapat tercapai.

Nama Organisasi dan Pelopor Sumpah Pemuda

Lahirnya Sumpah Pemuda dilatar belakangi oleh organisasi-organisasi pemuda dimana setiap organisasi tersebut mempunyai pelopor tokoh atau pendiri seperti yang akan admin jelaskan dibawah ini :

Organisasi Budi Utomo

Budi Utomo merupakan organisasi kebangsaan yang pertama kali di negara Indonesia. Lahirnya Budi Utomo sekaligus menggerakkan lahirnya organisasi-organisasi lain yang tujuannya berjuang untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia. 

Dibawah ini adalah materi soal sebagai bahan untuk menghadapi ujian atau uas bagi kalian yang duduk di kelas 3 SD/MI :

  1. Pada zaman penjajahan, rakyat berjuang untuk kemerdekan. Wilayah yang menjadi medan perjuangan para pemuda adalah diseluruh daerah yang ada di Indonesia seperti Pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan.
  2. Banyak sekali tokoh terkenal yang dikenal dalam sejarah yang menerbelakangi lahirnya sumpah pemuda seperti di Pulau Jawa di pelori oleh Sultan Agung, Pulau Sumatera Tuanku Imam Bonjol, Kalimantan Pangeran Antasari dan di Sulawesi di pelopori oleh Sultan Hasanuddin.
  3. Pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah sebuah organisasi Budi Utomo yang kita kenal dengan Hari Kebangkitan Nasional yang dipimpin oleh dr. Wahidin Sudiro Husodo. Pengertian Budi Utomo adalah perilaku, perangai atau tabiat (budi) dan utomo mempunyai arti baik, terpuji atau luhur. Jadi arti dari Budi Utomo secara garis besar adalah "Suatu perkumpulan pemuda yang berusaha mencapai kesejahteraan dan kemajuan melalui perilaku yang terpuji". Jadi bukan si Bapak Budi dan Bapak Utomo yah adik-adik !
  4. Sebutkan Tujuan dari Budi Utomo ? Tujuan yang paling utama berdirinya Budi Utomo adalah antara lain "Memajukan bangsa Indonesia melalui pendidikan dan pengajaran modern, Menumbuhkan dan mempererat rasa persatuan. Mempertinggi budi pekerti, Mempertebal rasa semangat berkebangsaan dan Memperkecil jurang pemisah antara si kaya dan si miskin serta kaum terpelajar dengan rakyat biasa.
  5. Kongres pertama yang digagas oleh Organisasi Budi Utomo pada tanggal 3-5 Oktober 1908 bertempat di gedung sekolah pendidikan guru Jetisharjo Yogyakarta.  
  6. Hasil dari kongres organisasi Budi Utomo adalah : A. Budi Utomo tidak terjun kedalam dunia politik. B. Anggota Budi Utomo terdiri atas penduduk Pulau Jawa, Madura, Bali dan Pulau Lombok.


Sarekat Dagang Islam (SDI) atau Sarekat Islam (SI)

  1. Tanggal berapakah Sarekat Dagang Islam didirikan ? Sarekat Dagang Islam didirikan oleh Haji Samanhudi di Surakarta pada tahun 1911, ia adalah seorang pedagang batik dari kampung Laweyang Solo. Sarekat Dagang Islam berganti nama menjadi Sarekat Islam (SI) pada tahun 1912.
  2. Apakah tujuan dari Sarekat Dagang Islam ? Menumbuhkan kemampuan berdagang agar dapat bersaing. serta untuk meningkatkan taraf hidup para pedagang kecil.
  3. Siapakah pelopor sarekat islam ? Haji Agus Salim, Haji Oemar Said Cokroaminoto, Abdul Muis dan Suryapranoto. 
Tokoh-tokoh ini terus berjuang untuk persatuan dan kesatuan melalui perdagangan sehingga pemerintah Hindia Belanda merasa khawatir akan keberadan Sarekat Islam yang semakin berkembang.

Organisasi Muhammadiyah

  1. Pada tahun berapakan organisasi Muhammadiyah didirikan dan siapakah pendirinya ? Muhammadiyah didirikan pada 18 November 1912 oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan.
  2. Apakah tujuan dari Muhammadiyah ? Tujuan utama dari Muhammadiyah adalah memurnikan agama Islam di Indonesia, memajukan pengajaran berdasarkan agama Islam dan untuk memajukan taraf hidup berdasarkan agama Islam.
Sesuai dengan maksud dan tujuan organisasi Muhammadiyah mendirikan mesjid-mesjid, sekolah dan panti asuhan yang ada sampai sekarang ini.

Organisasi Indische Partji

  1. Pada tahun berapakah Indische Partji didirikan ?  Organisasi Indische Partji didirikan pada tanggal 25 Desember 1912 yang bertempat di Kota Bandung.
  2. Siapakah peloporo Indische Partji ? Pelopor Indische Partji terkenal dengan nama Tiga Serangkai dan mereka ini adalah Dr. E.F.E Douwes Dekker (Dr. Setia Budi) Dr. Cipto Mangunkusomo dan R.M Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara).
  3. Indische Partji dikenal dengan sebagai organisasi pertama yang bertujuan agar Indonesia Merdeka.

Organisasi Perhimpunan Indonesia (PI)

  1. Tahun berapakah Organisasi Perhimpunan Indonesia didirikan ? Perhimpunan Indonesia didirikan pada Tahun 1908 dengan nama Perhimpunan Hindia dan di ganti menjadi Perhimpunan Indonesia (PI) pada tahun 1922 dan menjadi sebuah organisasi politik.
  2. Siapakah pelopor Perhimpunan Indonesia ? Pelopor yang paling berperan pada organisasi Perhimpunan Indonesia adalah Mohammad Hatta.
  3. Tujuan utama dari organisasi Perhimpunan Indonesia adalah tiada lain memperjuangkan bangsa Indonesia agar merdeka. Dan pada tanggal 3 September 1927 para tokoh Perhimpunan Indonesia ditangkap oleh Belanda karena dianggap membahayakan. Adapun tokoh-tokoh tersebut adalah Mohammad Hatta, Nazir Pamuncak, A. Joyodiningrat dan Ali Sastroamijoyo dan kemudian mereka dibebaskan karena tidak terbukti bersalah.

Peristiwa Sumpah Pemuda

Berikut adalah peristiwa-peristiwa penting yang menjadi latar belakang lahirnya Sumpah Pemuda antara lain :
  • Pada tanggal 25 November 1925 perkumpulan pemuda mengadakan kerjasama dalam satu wadah organisasi yang diberi nama Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI).
  • Tujuan kerjasam tersebut adalah untuk mengikis habis sifat kedaerahan dan menggalang rasa persatuan serta kebangsaan diantara pemuda.
  • Pada tanggal 30 April - 2 Mei 1926 diadakan kongres Pemuda I di Jakarta dan hampir dihadiri oleh semua organisasi pemuda yang ada di Indonesia.
  • Kongres Pemuda I dipimpin oleh M Tabrani.
  • Tujuan diadakannya kongres Pemuda I yaitu untuk Mempererat hubungan antara sesama organisasi kepemudaan dan Memupuk rasa persatuan dan kesatuan.
  • Hasil utama dari kongres Pemuda I adalah pengesahan anggaran dasar (pedoman organisasi) Jong Indonesia yang berisi Menggalang cita-cita persatuan dan kesatuan bangsa ke arah terwujudnya Indonesia Raya.
  • Kemudian pada tanggal 27-28 Oktober 1928 diadakan Kongres Pemuda II untuk memantapkan kesepakatan pada Kongres Pemuda I.
  • Susunan Panitia Kongres Pemuda II berasal dari organisasi-organisasi pemuda seperti Jong Java, Jong Pasundan, Jong Ambon, Pemuda Kaum Betawi dan lainnya.
  • Kongres Pemuda II dihadiri oleh tokoh-tokoh politik seperti Soekarno, Sartono dan Sunaryo dan berlangsung di sebuah gedung Jalan Kramat Raya Nomor 106 Jakarta.
Maka dilandasi dengan semangat persatuan dan kesatuan serta cita-cita yang luhur, lahirlah peristiwa yang sangat besar maknanya bagi seluruh bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Adapun isi dari Sumpah Pemuda tersebut adalah :

Ikrar Pertama
"Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia"

Ikrar  Kedua
"Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia"

Ikrar  Ketiga
"Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia"
Keputusan penting yang dihasilkan pada kongres Pemuda II adalah :
  • Ikrar Sumpah Pemuda
  • Bendera Merah Putih sebagai bendera Nasional.
  • Lagu Indonesia Raya sebagai lagu Kebangsaan.
  • Indonesia harus menjadi cita-cita semua pemuda Indonesia.
  • Semua organisasi pemuda harus disatukan dalam wadah tunggal.
Baca : Soal UTS 1 PKn Kelas 3 SD dan Kunci Jawaban 

Ikuti terus blog Zona Soal ini agar kalian mendapatkan rangkuman materi pelajaran dan kumpulan contoh soal-soal latihan seperti soal Ulangan Tengah Semester (UTS), soal Ulangan Akhir Semester (UAS), soal  Ulangan Kenaikan Kelas (UKK), Ulangan Bersama atau Ujian Nasional UN untuk SD, MI, SMP, SMA, SMK maupun MTs yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi tahun ajaran terbaru.

Untuk melakukan uji kompetensi buat adik-adik yang duduk dikelas 3 SD/MI dalam mata pelajar PKN cobalah untuk membuat suatu pemahaman mengenai yang melatarbelakangi lahirnya Sumpah Pemuda seperti nama organisasi, nama pelopor/tokoh/pendiri dan maksud tujuan organisasi ini berdiri dan Isi dari Sumpah Pemuda. Selamat Belajar

Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.