Bahan Ajar PKn Kelas 2 Semester 2 Terbaru
Bahan Ajar PKn Kelas 2 Semester 2 Terbaru

Bahan Ajar PKn Kelas 2 Semester 2 Terbaru

Bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) BAB 1 untuk kelas 2 SD dan Mi terbaru dengan materi pokok kegiatan musyawarah dan menghormati suara

Bahan Ajar PKn Kelas 2 Semester 2 Terbaru
Bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) BAB 1 untuk kelas 2 SD dan Mi terbaru dengan materi pokok kegiatan musyawarah dan menghormati suara terbanyak serta mau menerima kekalahan. Adapun kompetensi dasar yang harus ditunjukkan adalah bagaimana mengenal kegiatan bermusyawarah, bagaimana menghargai suara terbanyak (mayoritas) dan menampilkan sikap menerima ketika mengalami kekalahan.

Dalam materi atau bahan ajar PKn yang telah disebutkan diatas diharapkan siswa dapat bermusyawarah di sekolah sesuai dengan asas kekeluargaan, menerima dan melaksanakan keputusan bermusyawarah serta menghormati pendapat orang lain dalam hal ini teman sekelas atau teman diluar sekolah atau lingkungannya.

A. Mengenal Kegiatan Musyawarah


Musyawarah merupakan salah satu cara menyelesaikan setiap perselisihan atau perbedaan. Dalam musyawarah selalu ada pihak yang setuju dan tidak setuju terhadap suatu rancangan keputusan. Namun, setelah adanya tukar pikiran dan pertimbangan yang matang, maka pihak yang setuju dan tidak setuju akan mencapai titik temu.

Semua peserta musyawarah harus mengutamakan kepentingan bersama danpada kepentingan pribadi atau golongan. Bila musyawarah telah mencapai mufakat, maka hasil permufakatan menjadi keputusan bersama. Keputusan bersama merupakan ketentuan, ketetapan, dan penyelesaian yang dilakukan sekelompok orang terhadap suatu hal atau permasalahan.

Semua pihak harus menerima keputusan bersama dengan ikhlas, bertanggung jawab, dan lapang dada. Tujuan musyawarah adalah agar tercipta ketenteraman dan ketertiban dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang harus diperhatikan dalam pengambilan keputusan bersama atau musyawarah : 


  1. Peserta musyawarah harus lapang dada, menerima kritik, usul, atau saran.
  2. Peserta musyawarah menyadari bahwa keputusan yang dihasilkan merupakan keputusan yang terbaik.
  3. Peserta musyawarah mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan.
  4. Peserta musyawarah memahami dengan baik masalah yang dimusyawarahkan.
  5. Peserta musyawarah menghargai dan menghormati perbedaan pendapat.
  6. Peserta musyawarah mampu menahan diri.
Pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama berbeda dengan pengambilan keputusan untuk kepentingan perorangan, karena pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama melibatkan banyak orang, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam Demokrasi Pancasila, pengambilan keputusan bersama didasarkan atas asas musyawarah untuk mufakat dan semangat kekeluargaan. Tetapi apabila tidak terjadi mufakat, keputusan bersama dapat diambil berdasarkan suara terbanyak.

B. Bagaimana Cara Menghormati Suara Terbanyak dan Mau Menerima Kekalahan


Dalam kehidupan sehari-hari hasil keputusan dengan suara terbanyak dalam musyawarah dapat kita temui pada lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Keputusan bersama di lingkungan keluarga misalnya berbelanja kebutuhan sehari-hari, rekreasi, kerja bakti, dan sebagainya.

Sedangkan pada lingkungan sekolah, keputusan bersama menyangkut peraturan dan tata tertib sekolah yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh guru dan murid.

Di lingkungan masyarakat, keputusan bersama menyangkut peraturan yang mengikat seluruh warga masyarakat, seperti gotong-royong, menjaga keamanan lingkungan, dan sebagainya.

Hasil keputusan suara terbanyak harus dilaksanakan dengan ikhlas dan dilandasi hati yang jujur.  Dalam keputusan bersama tidak ada pihak yang kalah. Semua pihak adalah pemenang, karena keputusan bersama merupakan penyelesaian masalah untuk kepentingan bersama.


Melaksanakan hasil keputusan bersama harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.
  2. Mempertanggungjawabkan secara moral pada Tuhan
  3. Nilai-nilai kebenaran dan keadilan. 

Melaksanakan hasil keputusan juga harus tetap berdasarkan pada asas kekeluargaan. Asas kekeluargaan merupakan semangat untuk memikirkan dan memperhatikan kepentingan orang lain atau kepentingan bersama. Kekeluargaan merupakan perilaku yang mencerminkan kerukunan dan kebersamaan, baik suka maupun duka.
'Semakin banyak belajar akan semakin berilmu"

Untuk menguji kemampuan kalian untuk menjawab soal-soal ulangan yang berkaitan dengan bahan ajar diatas silahkan merujuk pada artikel khusus kelas 2 sd/mi sebagai berikut :


Demikian ulasan tentang bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pada bab 1 untuk kelas 2 sd semester genap/2 yang terkait dengan musyawarah dan bagaimana cara menghormarti serta menerima kekalahan. JUJUR ! Apakah ini bermanfaat ? Jika IYA tolong bantu share yah adik-adik.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.