Fungsi dan Peranan Enzim Lipase Pada Alat Pencernaan
Fungsi dan Peranan Enzim Lipase Pada Alat Pencernaan

Fungsi dan Peranan Enzim Lipase Pada Alat Pencernaan

Enzim Lipase adalah adalah salah satu bagian dari enzim pencernaan yang memiliki fungsi untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak

fungsi enzim lipase pada alat pencernaan
Enzim Lipase adalah adalah salah satu bagian dari enzim pencernaan yang memiliki fungsi untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Sedangkan enzim pencernaan sendiri berfungsi sebagai Biokatalisator. Biokatalisator adalah sebuah zat yang memiliki fungsi untuk mempercepat reaksi kimia pada setiap tubuh makluk hidup.

Dikutip dari Wikipedia Enzim merupakan biomolekul yang berupa protein dan memiliki fungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik.

Pada tubuh bagian dalam terdapat apa yang dinamakan dengan lambung dimana tempat enzim lipase diproduksi. Selain diproduksi dalam lambung enzim lipase juga dihasilkan dari mulut dan pankreas. Itulah mengapa Enzim lipase menjadi peranan penting dalam proses percernaan makanan.

Dampak Kekurangan Enzim Lipase

Apa dampak yang terjadi pada kondisi tubuh jika kekurangan kadar enzim lipase ? Jika pada tubuh yang memiliki fungsi untuk pencernaan makanan seperti lambung → usus halus → pankreas → mulut dan hati kekurangan enzim lipase maka akan menyebabkan demam, terkena diabetes, pada urine terdapat kadar gula tinggi dan sebagainya.

Enzim Lipase

Jenis enzim lipase mempunyai keunikan tersendiri karena dapat menguraikan lemak jenuh tanpa harus merusak jenis vitamin didalamnya. Ketika alat pencernaan makanan bekerja akan melibatkan enzim yang terdapat dalam makanan yang mempunyai fungsi untuk menguraikan/memecah makanan.

Sumber Enzim Lipase sendiri berasal dari tiga sumber yaitu pankreas, lidah dan dari sumber makanan itu sendiri.

Pengertian Lipase secara garis besar adalah enzim yang dapat larut dalam air dan dapat bekerja dengan mengkatalisis hidrolisis ikatan ester didalam substrat lipid yang tidak dapat larut oleh air seperti trigliserida berantai panjang.

Fungsi Enzim Lipase Pada Alat Pencernaan

Selain fungsi enzim lipase diatas terdapat beberapa fungsi lainnya yang dapat Anda ketahui adalah sebagai berikut :

  • Fungsi yang paling utama dari enzim lipase ini adalah untuk mencerna kelompok molekul alami (lipid) seperti lemak, sterol, vitamin A, D, E dan K yang larut dalam lemak yang bertujuan untuk menjaga kantung empedu agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.
  • Fungsi lainnya dari enzim lipase adalah dapat menyerap dan mengurai trigliserida untuk menjadikannya asam lemak sehingga dapat diserap oleh permukaan usus dengan mudah.
  • Kandungan Sulfhidril pada Enzim lipase memiliki fungsi untuk membakar karbohidrat yang terdapat tubuh.
  • Selain itu enzim lipase dapat membantu, memperlancar metabolisme atau menjaga keseimbangan kandungan elektrolit dalam tubuh.    
Pada alat pencernaan makanan dalam tubuh terdapat beberapa jenis enzim pencernaan lainnya selain enzim lipase seperti enzim amilase dan lainnya yang akan dibahas tuntas dalam artikel selanjutnya. Demikian uraian dari apa itu Enzim Lipase pada alat pencernaan yang memiliki banyak fungsi untuk membantu metabolisme pada alat pencernaan.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.