Materi Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 (genap) Terbaru Lengkap Kunci Jawaban
Materi Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 (genap) Terbaru Lengkap Kunci Jawaban

Materi Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2 (genap) Terbaru Lengkap Kunci Jawaban

Materi Soal Ulangan Tengah Semester (UTS) 2 mata pelajaran IPA kelas 6 terbaru terdiri dari 35 soal pertanyaan lengkap dengan kunci jawaban

Berikut ini adalah contoh latihan soal Ulangan Tengah Semester (UTS) 2 mata pelajaran IPA terbaru untuk siswa-siswi yang duduk di bangku Sekolah Dasar Kelas 6. Soal UTS Ilmu Pengetahuan terbaru ini sudah lengkap dengan lembar kunci jawaban. Selain itu soal dan kunci jawaban UTS Mapel IPA ini dapat kalian download secara gratis. Mudah-mudahan soal latihan ini sebagai persiapan dan dapat membantu kalian yang akan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) 2.

Sumber materi soal ulangan latihan Ilmu Pengetahuan Alam ini sudah disesuaikan dengan kisi-kisi serta mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dan 2013 serta Buku Paket tahun ajaran terbaru yang digunakan pada setiap satuan pendidikan tingkat sekolah dasar.

Soal UTS IPA Kelas 6 SD Semester 2

Dibawah ini adalah Soal UTS Bahasa Indonesia dengan jumlah 35 soal pertanyaan yang dibuat berbeda dengan soal-soal ulangan lainnya. Soal ulangan terbaru ini lebih dikatakan sebagai bahan hapalan dimana pada setiap soal mengandung banyak soal dan kunci jawaban.

Contohnya saja pada materi soal no 1 (diberi tanda bold/tebal) dimana jika diuraikan akan menjadi beberapa pertanyaan dan beberapa jawaban. Karena pada umumnya materi soal ulangan dibuat ruang lingkupnya hanya dibolak-balik.

  1. Pada Aki kendaraan terdapat kutub negatif dan kutub positif. Untuk kutub positif pada aki disebut timbel peroksida sedangkan pada kutub negatif berupa pelat timbal.
  2. Contoh kegiatan yang dapat menimbulkan gejala / arus listrik seperti ketika menggunting kertas. 
  3. Contoh alat yang mengalami perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah seterika, dispenser.
  4. Pengertian paralel dalam ilmu kelistrikan adalah suatu rangkaian listrik yang arusnya mengalir melalui dua cabang atau lebih. 
  5. Sebutkan 2 Jenis rangkaian listrik adalah seri dan paralel.
  6. Sebutkan jenis kutub yang terdapat pada baterai adalah kutub negatif dan positif.
  7. Salah satu contoh cara mengurangi gaya gesek seperti memasang roda pada alas lemari.
  8. Contoh gaya pegas adalah melompat-lompat di atas trampolin.
  9. Penyebab jatuhnya parasut secara perlahan dalam kegiatan terjun payung karena terdapat gaya tekan udara dari bawah terhadap parasut itu sendiri.
  10. Contoh gaya yang dapat mengubah arah benda adalah seperti bola yang ditendang dan bisa berubah arah sesuai teknik bagaimana cara menendangnya. 

Soal UTS Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD 

  1. Contoh perubahan energi kimia – gerak – listrik seperti mesin turbin yang dijalankan menggunakan air terjun.  
  2. Contoh gaya tarikan seperti menimba air di sumur menggunakan ember dan ketika ditarik akan terangkat keatas atau permainan tarik tambang. 
  3. Roda pada sepeda dapat berputar disebabkan oleh adanya gaya dorong melalui pedal.
  4. Dinamometer adalah sebuah alat yang memiliki untuk mengukur besarnya gaya.
  5. Jenis satuan gaya disebut Newton.
  6. Karena adanya gaya gesek bola yang mengelinding dapat berhenti.
  7. Ketika membuka pintu kendaraan kita akan menggunakan apa yang disebut gaya tarikan.
  8. Contoh benda yang menggunakan gaya pegas adalah seperti busur.
  9. Contoh benda yang menghasilkan listrik dengan cara induksi elektromagnetik adalah sepeda yang menggunakan dinamo untuk menjalankannya.
  10. Pengertian isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan listrik. 
  11. Pada sebuah magnet yang berputar pada dinamo dapat menghasilkan arus listrik.
  12. Sumber energi listrik pada baterai berasal dari bahan kimia.
  13. Sumber listrik yang berasal dari sinar matahari menggunakan sel surya sebagai pengubah energi panas menjadi listrik.
  14. Jika arus listrik pada aki menurun maka agar arus listrik menjadi besar diperlukan penyetruman (charger). Pada saat dilakukan penyetruman pada aki akan terjadi perubahan energi listrik menjadi kimia.
  15. Pada sebuah charger laptop terdapat tulisan 5 V 2A yang artinya charger tersebut memiliki tegangan sebanyak 5 Volt dan arus listrik sebanyak 2 ampere.

Contoh Soal UTS IPA Kelas 6 Semester 2

  1. Ketika kendaraan sedang berjalan akan terjadi perubahan kimia menjadi gerak.
  2. Jenis penghantar listrik yang memiliki kualitas baik adalah baja.
  3. Contoh benda penghasil listrik yang memiliki perubahan energi kimia menjadi energi listrik adalah Aki. 
  4. Hubungan arus pendek terjadi karena bertemunya muatan positif dan negatif secara langsung yang mengakibatkan terjadi korsleting.
  5. Agar tidak terjadi korsleting terdapat alat yang bisa mencegah atau sebagai pengaman jika terjadi hubungan arus pendek adalah Sekring.
  6. Contoh alat yang menggunakan elektromagnetik adalah bel listrik.
  7. Contoh cara menghemat energi adalah tidak menyalakan lampu disiang hari atau ketika memasak menggunakan tungku kayu.
  8. Contoh alat memasak yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi panas adalah microwave dan magicom.
  9. Sebutkan benda yang menggunakan bahan bakar minyak yang dapat menjadi alat penerangan dimalam hari adalah lampu sumbu.
  10. Saat kepala dinamo berputar maka kumparan ikut berputar. Ketika terjadi Perputaran kumparan pada medan magnet akan menghasilkan energi listrik.

Download Materi Soal UTS IPA Kelas 6 SD Semester Genap

Ikuti terus blog Zona Soal ini agar kalian mendapatkan rangkuman materi pelajaran dan kumpulan contoh soal-soal latihan terbaru seperti soal Ulangan Tengah Semester (UTS), soal Ulangan Akhir Semester (UAS), soal  Ulangan Kenaikan Kelas (UKK), Ulangan Bersama atau Ujian Nasional UN untuk SD, MI, SMP, SMA, SMK maupun MTs yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi tahun ajaran terbaru.

Demikian contoh latihan soal UTS Mapel IPA Semester 2 untuk Sekolah Dasar kelas 6 plus kunci jawaban. Semoga bermanfaat, selamat belajar dan SUKSES
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.