Soal UKK | Bahan Soal UKK IPS Kelas 4 SD Terbaru Plus Kunci Jawaban 2018
Soal UKK | Bahan Soal UKK IPS Kelas 4 SD Terbaru Plus Kunci Jawaban 2018

Soal UKK | Bahan Soal UKK IPS Kelas 4 SD Terbaru Plus Kunci Jawaban 2018

Bahan soal ulangan UKK IPS Kelas 4 SD/MI semester 2 terbaru 2018 yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban

Bahan Soal UKK IPS Kelas 4 SD Terbaru Plus Kunci Jawaban 2018
Berikut ini adalah bahan soal ulangan UKK IPS Kelas 4 SD/MI semester 2 terbaru 2018 yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban. Soal UKK SD mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini berbasis materi/bahan pokok untuk membuat soal-soal ulangan UKK.

Sumber bahan soal ulangan IPS kelas 4 sd ini telah disesuaikan dengan kisi-kisi dan buku kurikulum 2013 (K13) yang sudah direvisi. Setiap materi soal ulangan mengandung beberapa pertanyaan dan kunci jawaban. Diharapkan siswa-siswi mampu menghafal rangkuman pelajaran IPS dimulai dari Bab pertama sampai Bab akhir yang menjadi dasar bahan soal untuk Ulangan Kenaikan Kelas.

Materi Soal UKK IPS Kelas 4 SD/MI 


  1. Peta adalah gambaran permukaan bumi yang dibuat menggunakan skala tertentu yang dilengkapi dengan simbol-simbol dan keterangan untuk memperjelas peta tersebut.
  2. Jenis peta adalah peta induk, peta cuaca, peta geologi, peta topografi, dan peta hidrogeologi.
  3. Peta kabupaten/kota adalah peta yang menggambarkan keadaan suatu wilayah kabupaten/kota, sehingga dapat dimengerti tentang kenampakan alam kabupaten/kota tersebut dalam satu bidang datar.
  4. Bagian-bagian peta adalah judul peta, simbol, mata angin, skala, keterangan, indeks dan warna (bila peta berwarna). Tiap-tiap warna menggambarkan obyek tertentu.
  5. Skala yang digunakan pada peta dapat diwujudkan dengan angka atau dalam bentuk garis. Skala tersebut dapat digunakan dalam menghitung jarak sebenarnya yang ada di lapangan.
  6. Kita wajib  bersyukur kepada Tuhan, karena telah diberi berbagai macam sumber daya alam. Negara Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam. 
  7. Sumber daya alam ada yang dapat diperbaharui, ada yang tidak dapat diperbaharui. Yang dapat diperbaharui misalnya udara, air, tanah, dan tanaman. Adapun yang tidak dapat  diperbaharui misalnya emas, perak, batu bara, dan kalsit.
  8. Persebaran sumber daya alam ada yang didalam perut bumi juga ada yang terdapat di permukaan bumi. Semua itu juga menyebar di berbagai pulau di Indonesia.
  9. Kondisi alam akan mempengaruhi kehidupan manusia. 
  10. Kehidupan ekonomi pedesaan dan perkotaan berbeda, karena kondisi alam di desa cenderung tradisional sedang kehidupan di kota penuh persaingan dan modern.
  11. Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang wilayahnya sangat luas. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia mengakibatkan banyak suku bangsa yang mendiami pulau-pulau tersebut. 
  12. Keanekaragaman suku bangsa dan budaya daerah merupakan bagian budaya nasional yang harus kita lestarikan.
  13. Semboyan negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika, seperti tercantum dalam lambang negara, yaitu Garuda Pancasila.
  14. Keragaman budaya daerah dalam bentuk rumah adat, pakaian adat, tari daerah, alat musik daerah, dan lagu daerah.
  15. Beberapa suku bangsa di Indonesia antara lain. a. Sumatera: Batak, Minang, Melayu, Kubu, Enggano, Komering, dan Ogan. b.   Jawa: Badui, Sunda, Betawi, Jawa, dan Tengger.c. Kalimantan: Abai, Kayan, Melayu, Banjar, dan Ngaju.d.   Sulawesi: Mori, Buton, Bone, Toraja, Selayar, dan Makasar.e. Bali, Nusa Tenggara: Bali, Sasak, Bima, Flores, dan Rote.f. Papua: Asmat, Mori, dan Molof.
  16. Untuk menghargai dan melestarikan keragaman budaya daerah antara lain dilakukan dengan cara Gemar belajar dan melihat pertunjukkan rakyat serta budaya daerah lainnya, tidak meremehkan dan merendahkan budaya dari daerah lain, menghindari sikap kedaerahan yang menyebabkan perpecahan, dan selektif terhadap masuknya budaya asing.
  17. Bangsa Indonesia sejak zaman dahulu dikenal oleh bangsa-bangsa lain memiliki budaya yang luhur. Benda-benda peninggalan sejarah nenek moyang kita sangat bernilai tinggi.
  18. Jenis peninggalan sejarah dapat berbentuk arca, benteng, candi, gedung,  makam, monumen, museum, prasasti, situs, atau tempat ibadah.
  19. Peninggalan sejarah sangat bermanfaat bagi pengembangan budaya, pengembangan wisata, kemajuan pendidikan, mempertebal semangat kebangsaan, dan memperkokoh rasa persatuan.
  20. Menghargai peninggalan sejarah menjadi sikap yang sangat terpuji demi kelestarian dan keutuhan benda-benda sejarah tersebut.Pemugaran, perawatan, keamanan, dan pengembangan peninggalan sejarah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi sebagai warga masyarakat wajib ikut menjaga dan melestarikan.
  21. Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sangat terkenal di dunia yang ada di Indonesia Tempat-tempat peninggalan sejarah banyak yang dikemas menjadi tempat wisata dan dapat menambah devisa negara.
  22. Kita wajib meneladani kepahlawan dan patriotisme tokoh-tokoh, terutama di lingkungan kita. Untuk meneladani sikap tokoh, perlu sekali untuk mengenal biodatanya.
  23. Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada tanggal 21 April 1879. Beliau adalah putri Bupati Jepara yang bernama Raden Mas Aryo Sosroningrat. Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. 
  24. Ki Hajar Dewantara lahir tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Tut Wuri Handayani digunakan sebagai simbol Pendidikan di Indonesia. Tanggal kelahirannya diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional.
  25. Setiap orang dapat menjadi pahlawan, misalnya pahlawan olah raga, pahlawan kemanusiaan, dan pahlawan pendidikan. 
  26. Bung Tomo adalah pahlawan yang sangat berani, pantang menyerah, dan gigih dalam mempertahankan kemerdekaan.
  27. Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya merupakan peristiwa sejarah bangsa. Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.
  28. Patriotisme harus selalu dikobarkan dalam masa sekarang ini. Patriotisme adalah rasa cinta terhadap tanah air dan bangsanya. Termasuk cinta terhadap budaya bangsa kita agar tidak punah dan tidak terdesak oleh budaya asing.

Bahan Soal ulangan UKK IPS Kelas 4 diatas bisa dijadikan referensi untuk menghadapi UTS dan UAS pada semester 1 (ganjil). Berikut ini bahan ulangan UKK untuk menghadapi ulangan UTS dan UKK pada semester 2 (genap).

  1. Apa saja kebutuhan manusia itu? Marilah kita mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah.
  2. Kebutuhan manusia bermacam-macam, ada kebutuhan primer, sekunder, dan tambahan. Kebutuhan manusia sebelum ada uang dilakukan dengan cara tukar menukar barang yang disebut inatura.
  3. Jenis uang ada yang disebut uang kartal (uang logam dan uang kertas) dan uang giral (kertas/surat berharga). Fungsi uang sebagai alat penukar umum, satuan hitungan, alat bayar, alat tabung, dan pembentuk modal.
  4. Orang-orang di pedesaan pada umumnya menabung dalam bentuk ternak, rumah, perhiasan, barang, tanaman, dan tanah. Jika sewaktu-waktu membutuhkan uang, barang-barang tersebut dapat dijual.
  5. Ciri-ciri uang kertas antara lain terdapat tulisan Bank Indonesia, gambar Garuda Pancasila, tahun pembuatan, nilai nominal, dan tanda tangan Dewan Gubernur.
  6. Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli barang kebutuhan sehari-hari. Di pasar itu akan terjadi harga setelah melalui tawar menawar antara penjual dan pembeli.
  7. Dilihat dari keberadaan barang, ada pasar nyata ada pula pasar tidak nyata. Jika diperhatikan barang-barang yang dijual antara lain ada pasar hewan, pasar buah, pasar sandang, dan pasar burung.
  8. Bank sangat membantu perkembangan ekonomi dalam bentuk modal usaha. Pelayanan di bank meliputi kredit, deposito, dan tabungan. Ada bank milik pemerintah dan bank milik swasta. 
  9. Fungsi bank sebagai bank sentral, bank umum, bank tabungan, pembangunan, dan sekunder.
  10. Perekonomian masyarakat meliputi perdagangan, agraris, industri dan jasa.
  11. Koperasi merupakan upaya peningkatan kesejahteraan anggotanya. 
  12. Koperasi adalah usaha bersama yang beranggotakan orang seorang atau badan  yang berdasarkan azas kekeluargaan. 
  13. Dilihat dari anggotanya ada koperasi primer dan koperasi sekunder.
  14. Tujuan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. 
  15. Fungsi koperasi membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota dan masyarakat.
  16. Prinsip koperasi adalah keanggotaan bersifat sukarela, pengelolaan secara demokratis, serta pembagian SHU sebanding dengan besar jasa usaha dan kemandirian. Anggota koperasi wajib membayar iuran pokok, iuran wajib, dan bantuan modal.
  17. Unsur yang ada pada lambang koperasi adalah rantai, gigi roda, padi kapas, timbangan, bintang perisai, pohon beringin, tulisan koperasi Indonesia, dan warna merah putih.
  18. Anggota wajib mematuhui AD/ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga). Setiap akhir tahun dalam tutup buku diadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Pendapatan koperasi dalam satu tahun disebut sisa hasil usaha.
  19. Adanya penemuan baru dalam bidang teknologi dapat lebih memudahkan pekerjaan manusia, misalnya mesin penumbuk padi dan mesin penggilingan gabah (ricemill).
  20. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mempermudah kehidupan manusia. Perkembangan teknologi produksi makin pesat dan banyak mesin produksi dari yang sederhana sampai yang lebih modern.
  21. Informasi atau berita dapat dikirim secara langsung atau tidak langsung, sehingga akan dapat dipahami. Kegiatan itu disebut komunikasi.
  22. Jenis alat komunikasi adalah benda, sinar/cahaya, bunyi, surat, telegram, telepon, radio, televisi, dan media cetak (koran, majalah, tabloid, dan buku).
  23. Melalui TV dapat memperoleh hiburan, menambah pengetahuan dan pengalaman, serta mendapat informasi tentang perkembangan dunia. Bahkan juga menjadi sarana promosi melalui tayangan iklan dari beberapa perusahaan.
  24. Maraknya stasiun TV di Indonesia, selain TVRI juga ada RCTI, SCTV, TPI, Indosiar, Global TV, ANTV, TATV, Metro TV, Lativi, Trans TV, Trans 7, dan Jogja TV.
  25. Sarana transportasinya meliputi transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi darat misalnya sepeda, sepeda motor, mobil, bus, truk, tangki, andong, becak, dan kereta api. Tansportasi laut adalah kapal laut. Tranportasi udara meliputi pesawat terbang dan helikopter.
  26. Kita hidup dalam masyarakat. Masyarakat yang paling kecil adalah keluarga. Masyarakat yang paling besar adalah negara. Dalam masyarakat sangat beraneka ragam keadaannya. Masalahnya pun juga bermacam-macam.
  27. Masalah yang timbul dalam masyarakat kita kenal dengan istilah masalah sosial. Masalah-masalah sosial itu antara lain bencana alam, pengangguran, anak yatim, yatim piatu, orang jompo, fakir miskin, dan anak terlantar.
  28. Menurut pasal 34 UUD 1945, fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara.
  29. Jenis bencana alam yang pernah terjadi antara lain, banjir, tsunami, kebakaran hutan, dan lumpur panas.
  30. Kita wajib menolong korban yang sedang tertimpa musibah untuk meringankan beban penderitaan mereka.
  31. Mereka tidak hanya perlu dikasihani, tetapi membutuhkan bantuan dan pertolongan sesuai dengan kebutuhannya, misalnya bahan makanan dan bahan lain yang diperlukan.
  32. Pengertian Topografi adalah pemetaan muka bumi pada daerah tertentu.
Contoh bahan soal ulangan UKK IPS Kelas 4 diatas pada materi pokok untuk membuat soal sudah diberikan cetak tebal dan mengandung kunci jawaban pada setiap materinya. Kalian bisa memberikan tanda dengan Stabilo untuk menandai mana yang mengandung soal pertanyaan dan mana yang mengandung kunci jawaban.

Pada dasarnya soal UKK sering diambil dari soal-soal ulangan pada setiap semester seperti Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester serta ulangan uji kompetensi maupun ulangan harian. Berikut adalah acuan soal ulangan IPS untuk kalian untuk persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas (ukk) kelas 4 sd :

Untuk mendapatkan bahan soal silahkan kalian download pdf soal ukk ips kelas 4 semester 2 terbaru ini melalui link yang telah disediakan pada akhir postingan. Namun sebelum download tolong dishare dan bagikan ke teman kalian yah adik-adik agar blog ini dapat berkembang dan konsisten memberikan soal-soal ulangan ips terbaru khususnya untuk kelas 4 sd/mi.

Demikian uraian bahan soal ulangan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk tingkat sekolah dasar kelas 4 sd/mi terbaru 2018 yang mengandung soal dan kunci jawaban. Selamat Belajar.
Download Pdf Bahan Soal UKK IPS Kelas 4 Semester 2 SD/MI  
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.