Materi Soal UTS PTS Tema 6 Kelas 6 Kurikulum 2013 Terbaru

Materi Soal UTS PTS Tema 6 Kelas 6 Kurikulum 2013
Materi soal ulangan PTS UTS Tematik Tema 6 Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 kisi-kisi terbaru 2019 sebagai bahan hafalan ketika akan menghadapi Penilaian Tengah Semester. Jika kalian membutuhkan materi soal tema lainnya seperti Tema 7 silahkan kalian download dan pelajari kembali.

Dalam tematik 6 kelas 6 tentang "Menuju Masyarakat Sehat" pada subtema 1 dan subtema 2 kalian akan mempelajari pasal-pasal yang terdapat dalam UUD 1945 yang bunyinya berhubungan dengan Hak dan Kewajiban sebagai warga negara. Selain itu kalian belajar tentang bagaimana menjaga lingkungan agar tetap sehat.

Materi Soal PTS Tema 6 Kelas 6


Dibawah ini sengaja admin tidak membuat soal karena banyak sekali yang meminta rangkuman yang sesuai dengan kisi-kisi yang berlaku disekolah. Kami para admin zonasoal yang kebanyakan guru les sudah terbiasa merangkum inti sari dari sebuah buku yang nantinya akan dibuat soal-soal ulangan untuk bahan ajar menghadapi ulangan semester 2 khususnya.

Yang perlu diingat antara lain adalah setiap materi bisa dijadikan beberapa soal, namun pada intinya kunci jawaban tidak lari dari materi tersebut. Misalnya kalian belajar kegiatan positif terhadap lingkungan, disisi lain kalian juga harus mengetahui kegiatan yang bersifat negatif terhadap lingkungan.

Dibawah ini adalah 50 materi soal PTS Tema 6 untuk Kelas 6 SD semeste 2 (genap) yang bisa kalian jadikan pembelajaran dan hafalan. Silahkan kalian download jika materi yang kami buat sudah sesuai dengan kisi-kisi di sekolah kalian. Jika tidak sesuai lebih baik abaikan dan cari jenis materi atau soal yang sesuai dengan kisi-kisi kalian. 

1. Salah satu contoh menjadi warga negara yang baik adalah peduli terhadap lingkungan.

2. Pengertian Pubertas adalah masa perubahan fisik pada anak saat menjelang dewasa atau remaja.

3. Contoh peduli lingkungan adalah aktif mengikuti kegiatan membersihkan lingkungan.

4. Jenis-jenis bentuk dalam tari kreasi adalah; tari tunggal, tari kelompok dan tari berpasangan.

5. Proklamasi berasal dari kata “Proclamatio” dari bahasa Yunani.

6. Kalimat Utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.

7. Arti kata dari Proclamatio adalah “Pengumuman resmi kepada seluruh rakyat”.

8. Dalam UUD 1945 Pasal 29 Ayat 2 berbunyi “ Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agama dan kepercayaan masing-masing”.

9. Pada jaman penjajahan, keadaan rakyat Indonesia menjadi “menderita”.

10. Contoh hak anak dirumah adalah mendapatkan kasih sayang dari orang tua.

Sebelum berlanjut ke materi lainnya, jika kalian yang masih menggunakan KTSP 2006 silahkan cari dalam blog ini dan sudah dibilang lebih lengkap dengan soal-soal terbaru. Pada buku tematik 6 kalian juga harus mempelajari jenis-jenis tarian kreasi daerah yang ada di Indonesia.

11. Sampah organik adalah Sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup. Jenis sampah lainnya adalah Sampah rumah tangga, sampah industri dan sampah rumah tangga.

12. Terjadinya masa pubertas pada perempuan diakibatkan oleh Hormon Estrogen.

13. Sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami dinamakan sampah anorganik.

14. Contoh tarian yang berpasangan adalah; tari payung, tari lagong.

15. UUD Negara Republik Indonesia Pasal 31 ayat (2) berbunyi “ Kewajiban mengikuti pendidikan dasar bagi setiap warga negara Indonesia”.

16. Contoh jenis Tari Kreasi modern yang berasal dari Bali adalah tari Kupu-Kupu.

17. Kemerdekaan Indonesia merupakan anugerah Tuhan yang Maha Esa, maka wajib kita syukuri.

18. Tari Remo berasal dari daerah........

19. Menghargai perjuangan para pahlawan bangsa adalah suatu perilakupositif terhadap makna
proklamasi kemerdekaan.

Materi pada pelajaran tema 6 kelas 6 ini berasal dari subtema 1 dan subtema 2 yang telah admin gabungkan menjadi satu kesatuan untuk memudahkan kalian nantinya dalam menjawab soal-soal ulangan yang akan muncul nanti. Semoga saja rangkuman tema 6 ini bisa membuat nilai kalian lebih baik lagi.

20. Tari merak terinpirasi dari kehidupan Merak yang diangkat ke pentas oleh Tjetje Sumantri.

21. Awal masa remaja masuk pada usia 10 sampai 12 tahun.

22. Salah satu nama tarian daerah Jawa Barat adalah Tari Merak.

23. Akhir masa remaja adalah 18 – 22 tahun.

24. Tari kreasi adalah suatu tarian yang gerakannya merupakan perkembangandari gerak tari tradisional.

25. Kegiatan reboisasi pada lahan gundul merupakan contoh kegiatan pencinta alam yag menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.


Seperti admin sampaikan diatas bahwa materi yang dibuat sebanyak 50 dari buku tematik tema 6 edisi revisi 2018, jika ingin mendapatkan secara lengkap silahkan download secara gratis. Untuk menghargai soal-soal yang kami buat dan rangkum silahkan kalian share dan bagikan keteman lainnya agar dapat membantu perkembangan blog ini menjadi lebih besar lagi.

Itulah bahasan materi atau bahan ajar pada tematik tema 6 kelas 6 SD/MI sebagai persiapan untuk menghadapi Penilaian Tengah Semester 2 K13 tahun ajaran 2018/2019. Selamat belajar dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel