Pengertian Konduksi, Konduktor dan Isolator
Pengertian Konduksi, Konduktor dan Isolator

Pengertian Konduksi, Konduktor dan Isolator

mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kali ini akan merangkum tentang perubahan dan sifat benda yang terdiri dari konduksi, konduktor dan isolator

Pengertian Konduksi, Konduktor dan Isolator
Pada Materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kali ini akan merangkum tentang perubahan dan sifat benda yang terdiri dari konduksi, konduktor dan isolator. Suatu benda mempunyai perubahan dan sifat yang berbeda. Dalam artikel IPA kali ini kalian akan mengenal benda-benda seperti logam, kayu dan lain-lainnya.

Pengertian Konduksi, Konduktor dan Isolator

Setelah mempelajari materi IPA ini diharapkan kalian dapat membandingkan sifat, serta kemampuan semua benda yang menghantarkan panas kemudian menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan benda tersebut ketika menghantarkan panas.

Pengertian Konduksi

Pengertian Konduksi adalah suatu peristiwa perpindahan panas dari zat yang bersuhu tinggi ke zat yang bersuhu rendah melalui suatu bahan penghantar. Contoh benda yang bisa menjadi penghatar panas adalah seperti besi. Besi adalah logam pada, jadi jika kita bakar membutuhkan proses yang lama agar besi dapat dibakar, namun ketika kita bakar dan kalian pegang besi tersebut maka besi tersebut akan menghantarkan panas dan peristiwa tersebut dinamakan konduksi.

Pengertian Konduktor dan Isolator

Pengertian Konduktor dan Isolator adalah suatu sifat benda yang dapat menerima/penghantar panas. Konduktor sendiri adalah suatu sifat benda yang dapat menghantarkan panas dengan cepat. Sedangkan bedanya dengan Isolator adalah suatu sifat benda yang ketika menerima panas tidak dapat menghantarkannya dengan cepat.
  • Contoh benda yang dalam kategori menghantarkan panas secara cepat (konduktor) seperti, besi, baja, emas, perak dan timah.
  • Contoh benda yang dalam menghantarkan panasnya tidak cepat (isolator) seperti, kayu, plastik, styrofoam
Bagian terbesar dari pendidikan adalah apa yang kita dengar, kita lihat, dan kita rasakan, dan kita alami setiap saat bukan berasal dari pelajaran yang kita dapat dari dalam kelas
Demikian bahasan tentang pengertian konduksi, konduktor dan isolator yang dapat kalian pelajari sebagai acuan untuk menghadapi UAS, UTS, UKK maupun Ujian Nasional khususnya kalian yang duduk dibangku sekolah dasar (SD) kelas 6.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.