Ciri dan Contoh Hewan Karnivora, Omnivora, Insektivora
Ciri dan Contoh Hewan Karnivora, Omnivora, Insektivora

Ciri dan Contoh Hewan Karnivora, Omnivora, Insektivora

Kali ini yang akan kita bahas adalah rangkuman ciri khas dan contoh dari hewan karnivora, omnivora dan insektivora

Ciri dan Contoh Hewan Karnivora, Omnivora, Insektivora
Dengan adanya rantai makanan maka dapat kita ketahui termasuk jenis apakah hewan tersebut. Pada artikel sebelumnya admin telah membahas jenis, contoh, ciri khas dan makanan hewan herbivora. Kali ini yang akan kita bahas adalah rangkuman ciri khas dan contoh dari hewan karnivora, omnivora dan insektivora. 

Hewan Karnivora berasal dari bahasa latin ialah "Carno" yang mempunyai arti "Daging" sedangkan Vorare yang seperti telah kita bahas sebelumnya adalah mempunyai makna "memakan/pemakan". Maka secara garis besar hewan Omnivora berasal dari kata latin "Omnis/segala" dan Insektivora dari kata "Insectum" yang berarti serangga.

Ciri dan Contoh Hewan Karnivora

Hewan Karnivora mempunyai ciri-ciri tertentu seperti jenis hewan lainnya. Hewan Karnivora sendiri adalah hewan pemakan daging dimana dapat kita simpulkan mereka memakan daging hewan lainnya. Berikut adalah ciri khas dan contoh dari hewan karnivora sebagai kelompok pemakan daging :

  • Hewan karnivora yang berjenis mamalia mempunyai ciri berkaki empat, hidup didarat, bergigi tajam, ovipar (beranak). Contoh hewan karnivora yang hidup didarat adalah Macan, Singa, Harimau.
  • Contoh Hewan Karnivora (pemakan daging) yang hidup di air adalah seperti Ikan Hiu. Ikan Hiu berkembangbiak secara ovovipar (beranak) dan memiliki ukuran tubuh yang besar terkecuali ikan Piranha.
  • Contoh hewan karnivora yang berjenis burung adalah burung Elang dimana elang mempunyai cakar yang tajam dan paruh runcing.
  • Ada juga tumbuhan yang temasuk dalam hewan karnivora seperti kantung semar yang terkadang memakan serangga-serangga kecil karena kriteria dalam hewan karnivora adalah pemakan daging dan biasa disebut predator. 

Ciri dan Contoh Hewan Karnivora
Contoh Hewan Karnivora
Karakteristik lainnya dari hewan karnivora pada umumnya adalah memiliki bagian tubuh yang berfungsi untuk menangkap dan mengoyak mangsanya seperti gigi, cakar tajam atau paruhnya yang tajam. Terdapat hewan karnivora yang tidak melakukan perburuan untuk mencari makanan namun sebagai pemakan bangkai seperi burung gagak. Banyak hewan jenis karnivora mengalami evolusi mata sehingga menghadap kedepan. Ciri dari hewan karnivora sendiri tidak memiliki alat pencernaan yang memadai untuk mengolah makanan seperti tumbuhan namun melainkanmembutuhkan protein tinggi seperti daging.

Ciri dan Contoh Hewan Omnivora

Hewan yang dalam kelompok omnivora adalah pemakan segala, sebagai makanan pokoknya spesies omnivora memakan hewan dan tumbuhan. Hewan Omnivora ini mempunyai sistem pencernaan yang lebih panjang dan lebih fleksibel sehingga mampu mencerna makanan apapun kecuali batu kali yah. Ciri lainnya dari makhluk hidup jenis omnivora ini adalah antara lain mempunyai gigi yang sesuai dengan makanannya, mempunyai gigi tajam, seri dan taring, berkembang biak bisa bertelur dan beranak (ovipar dan vivipar), memiliki dua sampai empat kaki dan berdarah panas/dingin. Berikut adalah contoh hewan yang termasuk omnivora :

  • Manusia termasuk makhluk hidup jenis omnivora dan bukan merupakan hewan.
  • Babi, Simpanse dan Beruang Hitam
  • Hewan omnivora yang berkaki dua seperti ayam dan bebek berkembang biak dengan bertelur
  • Hewan omnivora dari kelompok pengerat seperti tupai dan tikus berkembang biak dengan beranak.
Ciri dan Contoh Hewan Omnivora



Faktor iklim maupun cuaca pada hewan jenis omnivora juga dapat menyesuaikan asupan makanan karena adanya perubahan cuaca. 

Ciri dan Contoh Hewan Insektivora

Secara garis besar hewan insektivora adalah sejenis makhluk hidup yang dalam kesehariannya memakan serangga. Hewan Insektivora bisa dikategorikan menjadi kelompok hewan karnivora karena memakan serangga lainnya alias predator. Namun mereka lebih condong banyak ke pemakan serangga. Ciri khas dari hewan insektivora adalah antara lain mempunyai lidah yang panjang agar bisa menjulur untuk menangkap mangsanya dan diklasifikasin sebagai hewan reptil, amphibi dan lainnya. Contoh hewan insektivora antara lain adalah :

  • Cicak pemakan nyamuk dan makhluk terbang lainnya dan mangsanya memiliki ukuran lebih kecil.
  • Tokek suka memakan nyamuk, laron atau hewan terbang lainnya yang lebih besar.
  • Trenggiling pemakan semut yang menggunakan lidahnya.
  • Kadal, Katak, Bunglon dan lainnya.    
Ciri dan Contoh Hewan Insektivora

Demikian ulasan singkat tentang ciri dan contoh hewan karnivora, omnivora dan insektivora dimana terdapat perbedaan antara jenis-jenis hewan tersebut. Semoga Bermanfaat
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.