Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi, Morfologi Serta Tingkah Laku
Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi, Morfologi Serta Tingkah Laku

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi, Morfologi Serta Tingkah Laku

Pengertian dan contoh Adaptasi Fisiologi, Morfologi serta Tingkah Laku

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi, Morfologi Serta Tingkah Laku

Pengertian Adaptasi adalah sebuah istilah dimana terdapat jenis makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru. Jenis Adaptasi sendiri menjadi tiga kategori yaitu Adaptasi Fisiologi, Adaptasi Morfologi dan Adaptasi Tingkah Laku. Setiap makhluk hidup mempunyai tempat atau habitat yang berbeda-beda, maka hal tersebut menyebabkan setiap makhluk hidup mempunyai karakter atau bentuk yang tidak sama atau berbeda.

Pentingnya memiliki kemampuan untuk beradaptasi akan membuat makhluk hidup bertahan dari kepunahan. Terdapat beberapa tujuan mengapa makhluk hidup harus bisa ber-adaptasi antara lain :
  1. Mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup seperti contohnya bagaimana mencari atau memperoleh makanan. 
  2. Mampu melindungi dirinya dari serangan pemangsa.

Seperti yang sudah admin jelaskan diatas bahwa Adaptasi terbagi menjadi 3 kategori sebagai berikut :
  1. Adaptasi Fisiologi
  2. Adaptasi Morfologi 
  3. Adaptasi Tingkah Laku

Pengertian Adaptasi Fisiologi

Pengertian Adaptasi Fisiologi adalah bagian tubuh yang terdapat pada bagian dalam suatu makhluk hidup yang bisa menyesuaikan dengan lingkungannya. Pada bagian tubuh organ bagian dalam makhluk hidup akan melibatkan zat-zat tertentu untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Sebagai contoh bentuk adaptasi fisiologi yang terdapat dalam tubuh manusia antara lain adalah :

  • Organ penglihatan seperti mata akan pada pupil akan mengecil ketika keadaan pada tempat sekitarnya terang, namun ketika berada ditempat gelap pupil akan menjadi lebar.
  • Ketika tubuh menerima asupan makanan maka anda akan merasa kenyang, bertenaga atau mengantuk. dan banyak contoh adaptasi fisiologi lainnya yang bisa anda prediksi sendiri.
Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi, Morfologi Serta Tingkah Laku
Contoh Gambar Adaptasi Fisiologi pada manusia, hewan dan tumbuhan


Lalu bagaimana dengan makhluk hidup sejenis hewan apakah mereka juga mempunyai adaptasi fisiologi seperti manusia ? Berikut contoh adaptasi fisiologi pada hewan :

  • Bebek memiliki kaki yang bisa digunakan untuk berjalan di darat dan berenang di air, serta mempunyai kemampuan untuk menyelam dan mencari makan dengan paruhnya.
  • Kelelawar dapat mencium bau makanannya dalam jarak 10 km karena mempunyai indera penciuman yang tajam. Aktifitasnya dimalam hari karena indera penglihatannya yang dapat melihat mangsa dalam keadaan gelap.
  • Belut Listrik mempunyai kemampuan untuk melindungi dirinya dari pemangsa.

Namun apakah jenis tumbuhan juga termasuk adaptasi fisiologi ? Berikut contoh adaptasi fisiologi pada jenis tumbuhan :

  • Tanaman bunga dalam proses penyerbukan dibantu oleh serangga. Bau Harum yang dikeluarkan oleh tanaman bunga akan mengundang serangga pemakan nectar untuk hinggap dan membantu metabolisme dalam tanaman bunga.
  • Kantung semar adalah termasuk jenis tumbuhan pemakan serangga dimana terdapat cairan yang dapat membuat serangga yang hinggap akan tergelincir dan sulit untuk keluar kembali.
  • Benalu adalah jenis tanaman penggangu yang hidup menumpang dengan tumbuhan lainnya.

Pengertian Adaptasi Morfologi

Pengertian Adaptasi Morfologi adalah merupakan kebalikan dari Adaptasi Fisiologi dimana Adaptasi Morfologi lebih condong ke penyesuain organ tubuh bagian luar yang dapat beradaptasi terhadap lingkungannya baik untuk melindungi diri maupun untuk bertahan hidup. Berikut ini adalah contoh adaptasi morfologi pada manusia, hewan dan tumbuhan :


Contoh Adaptasi Morfologi pada Manusia adalah sebagai berikut :
  • Ketika berenang hidung adalah organ tubuh bagian luar yang tidak mudah kemasukan air karena organ tersebut menjorok ke bawah.
  • Kelopak mata dapat menjaga mata agar tidak terkena debu atau benda lainnya.   

 Contoh Adaptasi Morfologi pada Hewan antara lain adalah :
  • Pada hewan sejenis unggas seperti bebek dan ayam memiliki kaki yang mempunyai kemampuan untuk berenang atau pun mencakar dalam hal ini ayam.
  • Pada hewan pengerat mempunyai kaki yang berguna untuk memanjat dan melompat.
  • Pada setiap bentuk paruh hewan unggas maupun burung memiliki kemampuan dan bentuk yang yang berbeda seperti paruh hewan pemakan biji-bijian atau pengisap madu yang memiliki paruh kecil, runcing dan tajam. 

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi, Morfologi Serta Tingkah Laku


Terdapat 5 jenis mulut yang dimiliki hewan yang memiliki fungsi sebagai hewan pengigit, penusuk, penjilat, penyerap maupun penghisap.

Contoh Adaptasi Morfologi pada Tumbuhan adalah sebagai berikut :

  • Tumbuhan yang mampu beradaptasi di air disebut tumbuhan hidrofit seperti contohnya melati air, teratai, semanggi, eceng gondok, genjer, kangkung.
  • Tumbuhan yang memiliki kemampuan untuk berdaptasi dilingkungan lembat banyak sekali terdapat di area rumah seperti lumut, daun paku, kriminil dan tumbuhan jenis yang hidup ditempat lembab sisebut higrofit.
  • Contoh tumbuhan yang memiliki kemampuan hidup di tanah kering seperti gurun sahara adalah kaktus, kurma dan termasuk jenis tumbuhan xerofit. 


Pengertian Adaptasi Tingkah Laku

Pengertian Adaptasi Tingkah Laku adalah bagaimana makhluk hidup dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya melalui tingkah lakunya. Tingkah laku yang dimiliki suatu makhluk hidup memiliki banyak perbedaan namun tujuan adaptasi tingkah laku sendiri salah satunya adalah bagaimana cara mempertahankan dan melindungi diri dari pemangsa lainnya. Berikut adalah contoh adaptasi tingkah laku pada manusia, hewan dan tumbuhan.


Contoh adaptasi tingkah laku pada manusia antara lain :
  • Secara reflek manusia akan menutup hidungnya ketika mencium bau yang tidak sedap, contohnya ketika mencium bau bangkai.
  • Ketika mendengar suara yang keras seperti petir, geludug manusia akan menutup daun telinganya.
  • Ketika kepala terasa gatal tangan nya secara reflek akan menggaruk.
Contoh adaptasi tingkah laku pada hewan antara lain :

  • Hewan reptil sejenis kadal dan cicak akan meninggalkan ekornya ketika dalam keadaan terancam.
  • Bunglon dan Alap-Alap mampu menyembunyikan dirinya dengan merubah warna kulit sesuai dengan warna tempat yang ia hinggapi. Hal tersebut bertujuan untuk menjebak mangsa dan melindungi dirinya.
  • Kaki Seribu ketika terancam akan menggulungkan dirinya.
  • Belut Listrik akan mengeluarkan arus listrik ketika dalam bahaya. 

Contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan antara lain :
  • Tanaman Bunga akan mekar ketika mendapatkan sinar matahari dipagi hari dan akan kuncup menjelang malam hari.
  • Jika pada musim kemarau terdapat jenis tumbuhan yang menggugurkan daunnya dan akan tumbuh daun baru ketika musim penghujan tiba seperti pohon jati.
Demikian pengertian tentang Adaptasi Fisiologi, Morfologi, Tingkah laku berikut contohnya mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan. Semoga bermanfaat.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.