Soal UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 12 Terbaru
Soal UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 12 Terbaru

Soal UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 12 Terbaru

Contoh latihan soal Ulangan Tengah Semester (UTS) 2 mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa-siswi yang duduk di bangku SMA/SMK Kelas 12

Soal UTS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 12 Terbaru
Berikut ini adalah contoh latihan soal Ulangan Tengah Semester (UTS) 2 mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa-siswi yang duduk di bangku SMA/SMK Kelas 12. Soal UTS Bahasa Indonesia terbaru ini tidak dilengkapi dengan lembar kunci jawaban. Selain itu soal UTS Mapel Bahasa Indonesia Kelas 12 ini dapat kalian download pdf secara gratis. Mudah-mudahan soal latihan ini dapat membantu anda yang akan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) 2.

Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2

Sumber materi soal UTS 2 B Indonesia ini berasal dari file soal-soal ulangan harian, uas, ukk dan berdasarkan kurikulum 2013. Soal latihan bahasa Indonesia ini dapat kalian pergunakan juga ketika akan menghadapi ujian sekolah sebagai bahan ajar sekaligus pembelajaran tambahan.

Dibawah ini adalah Soal UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 12 dengan jumlah 50 soal pilihan yang harus kalian beri tanda silang (x) pada abjad a,b,c dan d dengan jawaban yang menurut kalian benar dan tepat !

50 Soal B Indonesia Pilihan Ganda

1. Perhatikan paragraf berikut!

Keinginan masyarakat agar harga solar dan premium turun akan dipenuhi dalam waktu dekat. Pemerintah akan mewujudkan keinginan itu sekitar bulan Desember 2008. Penurunan harga solar dan premium tersebut lebih untuk memberikan subsidi karena bahan bakar ini banyak digunakan angkutan umum dan industri.

Gagasan utama paragraf di atas adalah...........

A. Pemerintah akan mewujudkan keinginan masyarakat.
B. Masyarakat menginginkan harga solar dan premium turun.
C. Harga bahan bakar solar dan premium turun pada bulan Desember 2008.
D. Turunnya harga solar dan premium dapat menyubsidi angkutan umum dan industri.
E. Bahan bakar solar dan premium banyak digunakan angkutan umum dan industri.

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dan gaya hidup masyarakat perkotaan.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah........
A. Sepeda dapat dijumpai di mana pun.
B. Sepeda sebagai alat transportasi modern.
C. Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.
D. Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.
E. Sepeda bermanfaat bagi lingkungan.

3. Bacalah penggalan teks berikut ini!
Minat investor asing yang tinggi ke negara berkembang bisa dilihat dan transaksi yang terjadi di pasar modal. Dalam tiga tahun terakhir, arus modal asing ke pasar saham dan pasar uang di negara berkembang sangat besar.

Makna istilah investor pada paragraf di atas adalah......
A. Nasabah
B. Pengusaha
C. Penanam modal
D. Penguasa
E. Pemilik uang

4. Perhatikan kutipan laporan berikut!

Belasan wisatawan Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jateng, mengalaini luka bakar akibat Kapal Motor (KM) Bangkit 01 yang mereka tumpangi meledak. Meledaknya KM Bangkit 01 terjadi sekitar pukul 10.15 WIB pada Jumat, 23 Desember 2011. Berdasarkan informasi yang kami himpun, peristiwa terjadi ketika KM Bangkit 01 ini hendak berangkat mengantar wisatawan yang akan menyaksikan prosesi lorung sesaji (rangkaian ritual sedekah taut di Pantai Teluk Penyu) di Pulau Majeti sebelah selatan Pulau Nusakambangan.

Sumber: Warta Jateng, Sabtu, 24 Desember 2011

Laporan di atas termasuk jenis laporan....
A. kunjungan
B. perjalanan
C. kegiatan
D. pengamatan
E. peristiwa

5. Cermatitah langkah-langkah berikut ini!

Langkah-langkah meredakan penyakit maag akut dengan menggunakan daun salam:
1) Biarkan mendidih setama 10 menit
2) Rebus dengan 2 gelas air
3) Saling dan ininum
4) Tambahkan garam
5) Siapkan 15 daun salam

Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan petunjuk kerja tersebut adalah......
A. Air yang direbus sebaiknya dibiarkan sampai mendidih selama 10 menit
B. Siapkan 15 daun salam, rebus dengan 2 gelas air
C. Setelah direbus diamkan setama 10 menit
D. minumlah setelah disaring
E. Sebelum disaring dan diminum tambahkan garam terlebih dahulu

6. Bacalah penggalan biografi berikut ini!

Raja Aisyah Sulaiman (selanjutnya ditulis Raja Aisyah) merupakan wanita asli Riau yang dilahirkan pada 1870-an di lingkungan istana di Pulau Penyengat (Ding Choo Ining, 2006:82). Raja Aisyah adalah cucu perempuan dan penulis besar, Raja Ali Haji. Sejak usia belasan, Raja Aisyah ditengarai telah mulai menulis, bahkan setelah kematian suaminya, Raja Khalid Hitam pada 11 Maret 1914 (Ding 2006:82-83). Hanya saja karena tradisi kata itu menuntut persembunyian jati diri seorang pengarang maka sulit sekali untuk menemukan karya Raja Aisyah yang ditulis ketika masih berusia belasan tahun.

Pernyataan yang sesuai dengan penggalan biografi di atas adalah...........
A. Raja Aisyah adalah cucu Raja Khatid Hitam
B. Raja Aisyah dilahirkan pada tahun 1880-an
C. Raja Aisyah merupakan wanita kaner Riau
D. Sejak usia betasan Raja Aisyah mulai menulis
E. Sangat mudah menemukan karya Raja Aisyah

7. Bacalah teks berikut!

Komputer merupakan alat electronic yang selalu mengalami pembaruan dari waktu ke waktu sehingga lebih mempermudah manusia dalam melakukan aktifitas. Kini, komputer bentuknya tebih efisien dalam penggunaannya. Dengan bentuknya yang praktis untuk tingkatan tehnologi moderen.

Perbaikan penutisan kata electronic, aktifitas, tehnologi, dan moderen yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah
A. elektronik, aktipitas, tekhnologi, dan modern
B. electronic, aktivitas, tekhnologi, dan modern
C. elektronic, aktipitas, teknologi, dan modern
D. etektronik, aktivitas, tehnologi, dan modern
E. elektronik, aktivitas, teknologi, dan modern

8. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!

Lalu lintas di kota Palembang sungguh tidak menyenangkan. Pagi-pagi sudah terlihat antrean panjang kendaraan bermotor. Para pengendara saling mendahului. Para pejalan kaki yang menyebrang disembarang tempat menambah kemacetan dibeberapa tempat. Akhirnya, banyak anak sekolah yang terlambat datang ke sekolah. Sinonim kata pengendara pada paragraf tersebut adalah........

A. Pelaju
B. Peminat
C. Pengemudi
D. Pengayuh
E. Penarik

9. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

(1) Coklat dituding sebagai makanan penimbun kolesterol dalam tubuh. (2) Namun, tuduhan itu berlawanan dengan hasil penelitian Prof. John Erdman dan University of Illinois, Amerika Serikat. (3) Ia membuktikan coklat justru kaya flavanoids yang berkhasiat menurunkan bobot tubuh sekaligus jumlah kolesterol jahat (LDL). (4) Risetnya melibatkan 49 pasien berkolesterol tinggi dan tekanan darah normal. (5) Setelah satu minggu mengonsumsi 100 gram coklat batangan setiap hari, kadar kolesterol total seluruh pasien turun 2%, sedangkan LDL turun 5,3%.

Kalimat yang berisi opini pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor.........
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

10. Bacalah teks berikut ini!

Yudha menganggap perselisihan antara Anya dan Pio justru memperparah keadaan. Yudha harus bisa menyetesaikan perselisihan di antara mereka dengan cara tidak meinihak. Yudha harus bisa mengambil jalan tengah.

Makna ungkapan jalan tengah sesuai dengan ilustrasi di atas memiliki arti.......
A. Harus meiniliki sikap netral
B. Harus memiliki sifat terbuka
C. Harus memiliki perhatian
D. Memiliki sikap membela teman
E. Memiliki sikap menyalahkan teman

Untuk mendapatkan soal-soal uts kelas 12 ini secara utuh silahkan kalian download pdf soal uts bahasa Indonesia melalui link yang telah disediakan. Jika tidak bisa melakukan download silahkan hubungi melalui halaman kontak dengan menyertakan judul soal yang ingin anda dapatkan. Admin zona soal akan mengirimkan soal yang anda inginkan kepada email anda.
Download Pdf Soal UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 12
Ikuti terus blog Zona Soal ini agar kalian mendapatkan rangkuman materi pelajaran dan kumpulan contoh soal-soal latihan seperti soal Ulangan Tengah Semester (UTS), soal Ulangan Akhir Semester (UAS), soal  Ulangan Kenaikan Kelas (UKK), Ulangan Bersama atau Ujian Nasional UN untuk SD, MI, SMP, SMA, SMK maupun MTs yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi tahun ajaran terbaru.

Artikel UTS B Indonesia selanjutnya :


Demikian contoh latihan soal UTS Mapel Bahasa Indonesia Semester 2 terbaru untuk Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Kelas 12. Semoga bermanfaat, selamat belajar dan SUKSES selalu.
Advertisement

SOAL TERBARU:

Your Reactions:

Admin
Apakah Anda Mendapatkan Manfaat dari Blog ZONA SOAL ini ? Jika YA Silahkan SHARE agar menjadi lebih bermanfaat untuk yang lainnya.